Tingkatkan Keselamatan Berkendara, Sopir Truk di Balikpapan Diberi Pelatihan

Tingkatkan Keselamatan Berkendara, Sopir Truk di Balikpapan Diberi Pelatihan

Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani, saat memberikan pelatihan untuk para sopir truk, pada Jumat (31/5/2024). -Humas Polresta Balikpapan-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dalam rangka meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya, para sopir truk berat PT Elnusa Petrofin dibekali pelatihan intensif Defensive Driving. Pelatihan digelar oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Balikpapan, di Hotel Horison Sagita, Jumat 31 Mei 2024. 

Pada pelatihan ini juga mencakup sosialisasi penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) untuk mengantisipasi potensi kebakaran di lingkungan perusahaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani yang memimpin langsung pelatihan tersebut, bersama Unit Kemanan dan Keselamatan Jalan (Kamsel).

BACA JUGA:Operasi Mantap Praja Mahakam 2024, Polda Kaltim Siapkan 5.240 Personel

“Materi yang diberikan mencakup teknik berkendara defensif, penguasaan kendaraan truk besar, serta pemahaman mendalam tentang peraturan lalu lintas yang berlaku, termasuk jam operasional truk besar di Kota Balikpapan sesuai Peraturan Wali Kota,” ujar Kompol Ropiyani.

Dia menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memastikan para sopir truk berat memiliki kompetensi dan pengetahuan yang memadai dalam berkendara, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan raya. 

“Selain itu, perusahaan juga diingatkan untuk selalu memperhatikan kelayakan jalan setiap unit truk besar yang dioperasikan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Humas Polresta Balikpapan, Ipda Sangidun mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut telah berlangsung lancar dan kondusif.

BACA JUGA:Road to Pilkada 2024, KPU Balikpapan Beberkan Progres Persiapan

“Alhamdulillah kegiatan berlangsung lancar, para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi,” ungkap Ipda Sangidun.

Pihak Polresta Balikpapan pun berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak positif, dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk besar.

“Kami berharap selain dapat mengurangi angka kecelakaan, juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman bagi para sopir dan masyarakat umum sebagai pengguna jalan,” pungkas Ipda Sangidun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: