Operasi Mantap Praja Mahakam 2024, Polda Kaltim Siapkan 5.240 Personel

Operasi Mantap Praja Mahakam 2024, Polda Kaltim Siapkan 5.240 Personel

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Artanto (dua dari kanan), saat dikonfirmasi pada Jumat (31/5/2024). -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polda Kalimantan Timur memersiapkan Operasi Mantap Praja Mahakam 2024 dengan mengerahkan 5.240 personel. 

Rinciannya sebanyak 1.234 personel berasal dari Polda Kaltim, dan 4.006 personel dari satuan tugas (satgas) di Polres jajaran.

Hal tersebut disampaikan Kombes Pol Artanto, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kaltim. Ia katakan bahwa operasi serupa juga sukses dilaksanakan pada Pilkada 2020 lalu.

Ia menjelaskan bahwa Operasi Mantap Praja akan melibatkan beberapa satgas, di antaranya Preentif, Prefentif, Kanseltiblantas, Gakum, Tindak, Humas, dan BanOps. Peran satgas ini sangat vital untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kalimantan Timur.

BACA JUGA:DPRD Kritik Anggaran Rakernas Apeksi Bisa untuk Perbaikan Distribusi Air

"Kami berkomitmen penuh untuk mengamankan Pilkada ini agar berjalan dengan lancar. Seluruh personel akan dikerahkan maksimal demi kesuksesan Pilkada 2024," tegas Artanto pada Jumat 31 Mei 2024. 

Kombes Pol Artanto juga menjelaskan bahwa Polda Kaltim telah memiliki pengalaman dalam melaksanakan operasi pengamanan serupa, seperti Operasi Mantap Brata pada Pemilu beberapa bulan yang lalu. Adapun evaluasi dari operasi sebelumnya akan digunakan untuk meningkatkan efektivitas Operasi Mantap Praja kali ini.

Mengenai daerah-daerah yang dianggap rawan pada Pilkada 2024, pihaknya menyatakan bahwa kepolisian masih melakukan penelitian lebih lanjut dan akan mengumumkannya kemudian.

"Kami akan terus memantau potensi konflik, terutama konflik horizontal antara pasangan calon," jelasnya.

BACA JUGA:Road to Pilkada 2024, KPU Balikpapan Beberkan Progres Persiapan

Operasi Mantap Praja Mahakam 2024 akan segera dimulai dalam waktu dekat, ditandai dengan pelaksanaan gelar pasukan.  Namun untuk jadwal lengkap pelaksanaannya akan diumumkan kemudian oleh pihak Polda Kaltim.

“Dengan langkah-langkah pengamanan ini, diharapkan Pilkada 2024 di Kalimantan Timur dapat berlangsung dengan aman dan tertib, memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat yang terlibat,” pungkas Kombes Pol Artanto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: