Road to Pilkada 2024, KPU Balikpapan Beberkan Progres Persiapan

Road to Pilkada 2024, KPU Balikpapan Beberkan Progres Persiapan

Konferensi pers tahapan pembentukan badan ad hoc Pilkada 2024 oleh KPU Balikpapan, Rabu (29/5/2024). -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan memaparkan perkembangan persiapan Pilkada 2024. Baik untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim maupun wali kota dan wakil walikota Balikpapan, Rabu 28 Mei 2024. 

Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono, optimistis dengan progres persiapan yang telah mencapai 70 persen. Tahapan krusial pembentukan badan ad hoc. Seperti PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) juga telah rampung. 

Fokus saat ini, menurutnya adalah menunggu arahan dari KPU RI terkait tahapan selanjutnya, termasuk pembentukan PPDP (Panitia Pemutakhiran Data Pemilih) atau Pantarlih.

BACA JUGA:Berhasil Ungkap Kasus Narkotika, 12 Personel Satuan Samapta Polresta Balikpapan dapat Penghargaan

"Kami berkomitmen untuk menjalankan seluruh tahapan Pilkada sesuai dengan regulasi yang berlaku, termasuk Peraturan KPU nomor 11 tahun 2010 dan nomor 2 tahun 2024," ujar Prakoso.

PPDP atau Pantarlih ini akan mulai bertugas pada 31 Mei hingga 23 September untuk memutakhirkan data pemilih.  Adapun data yang telah diverifikasi akan menjadi dasar pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan pembentukan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

BACA JUGA:Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan akan Dihadiri Presiden Joko Widodo

Prakoso Yudho juga membeberkan bahwa KPU Balikpapan tengah berkoordinasi dengan KPU RI dan KPU Provinsi untuk pemutakhiran data pemilih potensial. 

"Kami optimistis dapat menyelesaikan seluruh persiapan tepat waktu dan menyelenggarakan Pilkada 2024 dengan sukses," pungkas Prakoso.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: