Pulau Derawan Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Pulau Derawan Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Desa Wisata Pulau Derawan, Kabupaten Berau.-Disway Kaltim-

“Kepada kampung-kampung yang lain, teruslah berbenah. Jadikan kampung-kampung wisata terbaik di Indonesia. Semangat membangun kampung,” tegasnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pengembangan pariwisata di Berau, khususnya di Pulau Derawan.

"Saya berharap, sinergi dan kolaborasi ini dapat terus terjalin sehingga Berau dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Ilyas Natsir, melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Samsiah Nawir, menyampaikan setelah Derawan ditetapkan masuk dalam 50 besar ADWI, pihaknya akan semakin menggencarkan persiapan penilaian langsung oleh para juri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Yang jelas, kita harus bersiap jadi tuan rumah untuk tamu nasional,” kata Samsiah, Rabu (29/5/2024).

Samsiah menjelaskan, proses penilaian nantinya akan dilakukan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

BACA JUGA : Mengapa Uang Kerap Memicu Pertengkaran Rumah Tangga? Psikoterapis Ungkap Penyebabnya

Dalam penilaian tersebut, akan menjadi penilaian para dewan juri untuk menentukan kandidat yang bakal masuk ke babak 5 besar ADWI.

"Dalam penilaian tim nantinya, satu destinasi wajib untuk memenuhi lima unsur penilaian dewan juri. Diantaranya, daya tarik wisata, amenitas, digital, kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) serta resiliensi atau kemampuan untuk mengatasi dan beradaptasi terhadap kejadian yang berat atau masalah yang terjadi," jelasnya.

Menurutnya, di Pulau Derawan saat ini sudah sangat siap dengan seluruh indikator penilaian tersebut.

“Tinggal kita lihat saja nanti hasil penilaian dewan juri nantinya,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan dukungan seluruh warga Kabupaten Berau untuk terus memberikan doa kepada Desa Wisata Pulau Derawan agar tembus di 5 besar ADWI 2024 nantinya.

"Ini tentunya akan banyak dampak positif untuk pengembangan destinasi di Berau,” ucapnya.

Terpilihnya Derawan, bakal dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Dan secara otomatis, akan mendapatkan insentif khusus dari Kementerian.

“Kalau Berau dikunjungi oleh Mas Menteri, akan sangat berdampak positif untuk pertumbuhan industri pariwisata di Berau,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: