PT PAMA Dukung Pelestarian Budaya, Festival Bekudung Betiung di Tumbit Dayak Kembali Digelar

PT PAMA Dukung Pelestarian Budaya, Festival Bekudung Betiung di Tumbit Dayak Kembali Digelar

PT PAMA Dukung Pelestarian Budaya-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kampung Tumbit Dayak kembali menggelar Festival Budaya Bekudung Betiung sekaligus memperingati hari jadi ke-261 Kampung Tumbit Dayak. Kegiatan itu dilaksanakan di Rumah Adat Sunta, Rabu (26/6/2024).

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan, Festival Budaya Bekudung Betiung ini merupakan salah satu ajang tahunan yang dilaksanakan untuk mempertahankan tradisi adat budaya asli Kabupaten Berau sehingga terus lestari dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Kami memiliki komitmen kuat dalam mendukung pelestarian kebudayaan. Ajang semacam ini juga menjadi salah satu daya tarik pariwisata otentik Kabupaten Berau," ujar bupati.

"Saya berharap, Kampung Tumbit Dayak dapat terus eksis sebagai kampung budaya, yang menjadi salah satu ikon wisata budaya bagi Kabupaten Berau," sambungnya.

BACA JUGA : Wabup Kukar Ajak Masyarakat Sholawat Bareng di 'Pesisir Bersholawat 2024'

Sementara itu, Corporate Social Responsibility (CSR) PT PAMA Persada Nusantara, Frans menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda positif yang dilakukan masyarakat Kampung Tumbit Dayak sebagai upaya untuk mengembangkan adat budaya di Kabupaten Berau.

PT PAMA memiliki peran penting terhadap terselenggaranya kegiatan ini. Yang mana, pihaknya telah memberikan support pada Festival Budaya Bekudung Betiung sejak tahun 2022 hingga saat ini.

Juga kolaborasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Karang Taruna Kampung Tumbit Dayak.

BACA JUGA : Polda Kaltim Gandeng Media Masa Amankan Pilkada dari Hoaks dan Kampanye Hitam

Pada tahun ini, pihaknya juga memberikan support kepada Kampung Tumbit Dayak berupa bantuan dana dan juga alat berat untuk renovasi dan perbaikan sarana dan prasarana disekitar Rumah Adat Sunta.

"Dari segi Sarpras kami juga membantu untuk peminjaman tower lamp. Karena acara bekudung tahun ini dilaksanakan selama 5 hari 4 malam dan penerangann kurang, sehingga kami bantu untuk tower lamp di lokasi acara,'' ujarnya.

BACA JUGA : Ketemu Masyarakat Pemaluan, Pj Gubernur Ingin Semua Pihak Dukung IKN

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat dikenal oleh banyak masyarakat, tidak hanya masyarakat Berau, tetapi juga oleh wisatawan domestik hingga mancanegara.

"Kami akan terus memberikan support terhadap kampung ini. Karena ini agenda positif dan juga terkait pengembangan adat dan budaya di Kabupaten Berau. Insyaallah kami akan support,'' pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: