Pulau Derawan Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Pulau Derawan Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Desa Wisata Pulau Derawan, Kabupaten Berau.-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mengumumkan 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Salah satu desa wisata di Berau yang masuk dalam daftar 50 besar ADWI 2024 adalah desa wisata Pulau Derawan.

Destinasi wisata Pulau Derawan menjadi perwakilan satu-satunya dari Berau, setelah 7 desa wisata di kampung lainnya gugur satu persatu mulai peringkat 300 hingga 50 ADWI.

Sebelumnya, terdapat nama-nama destinasi wisata populer di Berau yang masuk dalam daftar desa wisata, diantaranya Desa Wisata Biduk-Biduk, Ekowisata Mangrove Teluk Semanting, Tanjung Batu, Kampung Merasa, Tulung Ni’ Lenggo, Kampung Payung-Payung dan Merabu Asik.

BACA JUGA : Hotel di Balikpapan Penuh Jelang Penyelenggaraan Rakernas APEKSI

Atas capaian itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, memberikan apresiasi atas masuknya Pulau Derawan dalam 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Hal itu disampaikannya dalam video singkat yang tersebar diberbagai media sosial.

“Saya mengucapkan selamat kepada Kampung Pulau Derawan yang saat ini masuk dalam nominasi 50 desa wisata terbaik se-Indonesia,” ucap Sri Juniarsih Mas, Rabu (29/5/2024).

Dikatakannya, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat Pulau Derawan.

Dirinya berharap, agar Pulau Derawan dapat terus menjaga kualitas dan potensi wisatanya.

BACA JUGA : PT Berau Coal Komit Tingkatkan Potensi SDM, Wamen Ketenagakerjaan RI Apresiasi Berau Cocoa

“Saya mengharapkan Pulau Derawan tetap menjaga kualitas dalam potensi pariwisata. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, meningkatkan pelayanan kepada wisatawan, dan mengembangkan atraksi wisata yang unik dan menarik,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Sri Juniarsih juga mengajak kepada desa-desa lain di Berau untuk terus berbenah diri dan mengikuti jejak Pulau Derawan. 

Ia berharap, agar Berau dapat memiliki lebih banyak desa wisata yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: