Bantuan Pemprov Kaltim untuk Banjir di Mahulu Menggunakan Jalur Sungai

Bantuan Pemprov Kaltim untuk Banjir di Mahulu Menggunakan Jalur Sungai

Kondisi banjir di Mahakam Ulu (Mahulu)-tangkapan layar-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kepala Dinas Sosial Kaltim Andi Muhammad Ishak menyebut pemberian bantuan sembako ke Mahakam Ulu (Mahulu) akan melalui jalur Sungai Mahakam. Kapal beisi bantuan tersebut akan berangkat malam ini juga. 

"Sore ini berangkat atau selambatnya malam ini juga," kata Ishak.

Pengiriman sembako melalui kapal langsung ditujukan ke Kecamatan Ujoh Bilang. Bantuan itu akan langsung diterima oleh Dinsos Mahulu.

"Hari ini 1.500 paket terlebih dulu diluncurkan menggunakan kapal. Ini untuk paket sembako dari APBD, sedangkan APBN masih dihitungkan," tambahnya.

BACA JUGA:Malam ini Pemprov Kaltim Kirim 6.400 Paket Sembako ke Mahulu

Untuk reaksi cepat, Pemprov Kaltim masih lakukan pengumpulan logistik, sambil menyiapkan kekurangan 6.000 paket lainnya. Andi Ishak juga menambahka selain menggunakan APBD untuk pemberian bantuan 6.000 paket, bantuan dari APBN juga ada. Yakni disalurkan di gudang logistik Dinas Sosial Kaltim.

"Kita masih hitung ketersediaan yang mau disalurkan bantuan dari APBN lewat gudang kami. Ini masih disiapkan," bebernya lagi.

BACA JUGA:Akibat Banjir Besar, Pembudidaya Ikan Keramba di Kubar Terancam Gagal Panen

Bantuan dari APBN sendiri terdiri tenda keluarga portable B2022 sebanyak 10 unit, family kit 150 unit, kids ware 150 unit, kadur 150 unit, selimut 150 lembar. Total bantuannya senilai Rp 273,37 juta. Sedangkan bantuan bersumber APBD Kaltim terdiri beras, gula pasir, cornet, kue kaleng, mie instan, minyak goreng dan susu kaleng. 

Diketahui, Pemprov Kaltim mengambil Langkah cepat dengan mengirimkan bantuan untuk para korban bencana banjir di Mahulu. Akmal minta agar bantuan sudah bisa dikirimkan mulai malam ini. Pengumpulan bantuan dan pendataan suda dilakuan sejak siang tadi.

Bantuan disiapkan dengan kolaborasi Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas dan organisasi lainnya.  Selain sembako dan kebutuhan hidup sehari-hari, juga akan dikirimkan obat-obatan dan alat kesehatan, serta perahu untuk membantu penyelamatan warga korban banjir di Mahulu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: