Malam ini Pemprov Kaltim Kirim 6.400 Paket Sembako ke Mahulu

Malam ini Pemprov Kaltim Kirim 6.400 Paket Sembako ke Mahulu

Situasi banjir di Mahulu.-tangkapan layar-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pemprov Kaltim mengambil langkah cepat untuk membantu para korban banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik sudah menginstruksikan pihak terkait untuk memberikan bantuan. 

"Saya sudah perintahkan Kepala Pelaksana BPBD untuk segera melakukan konsolidasi bantuan-bantuan ke Mahulu," kata Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Kamis 16 mei 2024. 

Langkah cepat pun dilakukan dengan mengirimkan bantuan untuk para korban bencana banjir di Mahulu. Akmal minta agar bantuan sudah bisa dikirimkan mulai malam ini. Pengumpulan bantuan dan pendataan suda dilakuan sejak siang tadi.

BACA JUGA:Musibah Banjir Merendam Mahakam Ulu, Fasilitas Sekolah Turut Terdampak Sebabkan Siswa Terpaksa Diliburkan

"Insyaallah mulai besok (Jumat 17 Mei 2024) akan kita berangkatkan 6.400 paket bantuan sembako untuk korban bencana banjir Mahulu," jelas Akmal.

Bantuan disiapkan dengan kolaborasi Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas dan organisasi lainnya. 

Selain sembako dan kebutuhan hidup sehari-hari, juga akan dikirimkan obat-obatan dan alat kesehatan, serta perahu untuk membantu penyelamatan warga korban banjir di Mahulu.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu juga meminta kepada Basarnas dan BPBD Kaltim, serta BPBD Mahakam Ulu untuk segera membuat posko sejumlah titik di Ujoh Bilang dan lokasi titik banjir lainnya dari Long Apari.

"Saya minta posko segera dibuat di banyak warga terdampak dan sekaligus untuk memonitor ketinggian air dari hulu sungai," perintah Akmal.

BACA JUGA:Akibat Banjir Besar, Pembudidaya Ikan Keramba di Kubar Terancam Gagal Panen

"Kita berharap bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Mahakam Ulu. Saya harap masyarakat bersabar ," harapnya.

Meski diakuinya medan menuju Mahulu sangat berat, ia tetap minta agar bantuan segera dihadirkan ke Mahulu.

Sebagai informasi, dalam beberapa waktu terakhir, kawasan pinggir Sungai Mahakam di Mahulu terendam banjir. Ketinggian banjir bahkan hingga menyentuh atap-atap rumah warga. Untuk sementara mereka pun harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: