Isran-Hadi Kemungkinan Lewat Jalur Parpol, KPU Kaltim Sudah Tutup Jalur Independen

Isran-Hadi Kemungkinan Lewat Jalur Parpol, KPU Kaltim Sudah Tutup Jalur Independen

Kantor KPU Kaltim di Jalan Basuki Rahmat, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).-(Ist/Nomorsatukaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Jadwal pendaftaran bagi pasangan calon perseorangan atau independen di Komisi Pemimpin Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kantor) telah berakhir pada Minggu (12/5/2024) malam.

Meski demikian, sampai berakhirnya jadwal pendaftaran itu, tidak satupun pasangan calon independen mendaftar untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2024 ke kantor KPU Kaltim.

BACA JUGA: Isran Noor Optimis Terpilih Kembali di Pilkada 2024: Percuma Melawan Saya, Nggak Bisa Mengalahkan Aku

Ketua KPU Kaltim, Fahmi Idris mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi proses ini dengan baik. Namun tampaknya tidak ada yang mendaftar, termasuk tidak ada yang melakukan koordinasi terkait akses aplikasi Silon.

"Untuk jadwal pendaftaran sudah selesai. Tapi hingga ditutupnya pendaftaran, tidak ada bakal calon perseorangan yang meminta akses akun silon dan tidak ada bakal pasangan calon perseorangan yang menyerahkan dukungan," ungkap Fahmi Idris, Minggu (12/5/2024).

BACA JUGA: Surat Dukungan Isran-Hadi Maju Independen di Pilkada 2024 Lampaui Target

Sebelumnya beredar kabar bahwa, pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi bakal mendaftar melalui jalur independen untuk kontestasi Pilgub Kaltim 2024 ini.

Isran Noor-Hadi Mulyadi juga dikabarkan telah mengumpulkan surat dukungan (Surduk) dari masyarakat Kaltim. Bahkan jumlahnya telah melampaui batas minimal yang dibutuhkan KPU sebagai syarat pendaftaran bagi pasangan calon independen di Pilkada Serentak 2024.

BACA JUGA: Tujuh Ormas di Kaltim Dukung Rudy Mas’ud-Irianto Lambrie Berpasangan di Pilkada 2024

"Sebenarnya kalau hanya untuk memenuhi persyaratan pendaftaran di KPU sudah terpenuhi. Jadi sekarang untuk Surduk yang terverifikasi oleh tim kami sebanyak 295.251," ungkap Sekretaris tim pemenangan Isran Noor-Hadi Mulyadi, Muhammad Rozai kepada wartawan pekan lalu.

Meski demikian, faktanya sampai jadwal pendaftaran perseorangan ditutup, pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi justru tidak mendatangi Kantor KPU Kaltim untuk mendaftar sebagai pasangan calon independen.

BACA JUGA: Dua Ormas di Kaltim Bantah Berikan Dukungan Pada Pilkada 2024

Sehingga dengan tidak mendaftarnya melalui jalur independen, bisa dipastikan bahwa pasangan tersebut akan memilih maju melalui jalur partai politik (parpol) untuk Pilgub Kaltim 2024 ini.

"Kalau sampai tanggal 12 Mei Isran-Hadi tidak mendaftar independen, maka silahkan ditafsirkan sendiri Isran-Hadi akan mendaftar melalui jalur apa," ujar Iswan Priady selaku Ketua Tim Pemenangan Isran Noor-Hadi Mulyadi, Minggu (12/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: