Tujuh Ormas di Kaltim Dukung Rudy Mas’ud-Irianto Lambrie Berpasangan di Pilkada 2024

Tujuh Ormas di Kaltim Dukung Rudy Mas’ud-Irianto Lambrie Berpasangan di Pilkada 2024

Perwakilan tujuh Ormas di Kaltim saat memberikan keterangan Pers kepada wartawan.-iswanto/disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Tujuh organisasi masyarakat (Ormas) mendukung Rudy Mas’ud maju sebagai calon gubernur Kaltim, dan Irianto Lambrie sebagai cawagub, pada pilkada 2024. Deklarasi itu disampaikan Jumat 10 Mei 2024. 

Ketujuh ormas tersebut yakni: Majelis Rakyat Kaltim Berdaulat (MRKB), Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim (KBBKT), Lembaga Budaya Adat Kutai (LABAK) Kaltim, Persekutuan Dayak Kaltim (PDKT), Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kaltim, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kaltim, dan Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN).

Aspirasi lainnya adalah menyatakan dukungan kepada Rusmadi Wongso sebagai bakal calon Wali Kota Samarinda periode 2024-2029. Lalu Yohanes Avun sebagai bakal calon bupati Mahakam Ulu dan dipasangkan dengan Frederik Bid, sebagai bakal calon wakil bupati Mahakam Ulu periode 2024-2029.

BACA JUGA:Pesawat Boeing 737 Makan Korban Lagi, Kali Ini di Senegal

Ketua Umum MRKB, Muhammad Djailani menjelaskan bahwa pernyataan sikap ini merupakan bentuk aspirasi masyarakat yang tergabung dalam tujuh ormas tadi.

"Ini hanya sekedar aspirasi saja, soalnya nanti hasilnya seperti apa, kita akan lihat, karena kami tidak dalam kapasitas untuk memaksa kehendak (menentukan calon wakil gubernur Kaltim)," ujar Muhammad Djailani kepada wartawan, Jumat 10 Mei 2024. 

Mereka menilai perpaduan antara Rudy Mas'ud dan Irianto Lambrie di Pilkada 2024 sangat cocok. Rudy Mas'ud memiliki pengalaman sebagai anggota DPR RI. Sedangkan Irianto Lambrie memiliki pengalaman sebagai Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

"Ini berangkat dari sebuah kepedulian  bahwa, Kaltim harus dipimpin oleh seorang gubernur dan wakil gubernur yang tentunya harus memiliki komitmen untuk membangun Kaltim lima tahun kedepan. Kita semua tahu bahwa Pak Rudy Mas'ud seorang profesional, dia sebagai politikus, tapi pengalaman di bidang birokrasi perlu diisi oleh orang yang punya pengalaman seperti Pak Irianto Lambrie," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Irianto Lambrie mengatakan bahwa sejak pensiun dari Gubernur Kaltara pada 2021 lalu, sebenarnya dirinya tidak ada keinginan lagi untuk berkecimpung di dunia politik. Apalagi untuk ikut berkontestasi di Pilkada 2024.

BACA JUGA:Surat Dukungan Isran-Hadi Maju Independen di Pilkada 2024 Lampaui Target

Namun demikian, dalam beberapa bulan terakhir ini, ia mengaku didatangi oleh tujuh pimpinan Ormas tadi. Mereka mengusunnya sebagai bakal calon wakil gubernur Kaltim berpasangan dengan Rudy Mas'ud.

"Banyak orang yang tidak percaya kalau saya mau dicalonkan sebagai wakil gubernur. Tapi karena kita sudah meluruskan niat ini, memperbaiki Kaltim, jalanin saja, bahwa nanti akan terus atau tidak tentu proses ini masih berlanjut," ucap Irianto Lambrie yang juga mantan Sekda Kaltim itu.

Dalam dunia perpolitikan, kata Irianto, pernyataan aspirasi seperti ini merupakan hal yang lumrah terjadi. Hal ini baginya adalah wujud demokrasi, apalagi dalam momentum Pilkada 2024 ini.

"Memang sejak awal saya tidak ada niat apapun di Kaltim lagi. Tapi dengan adanya proses diskusi dari tujuh Ormas ini akhirnya bersama-sama meluruskan niat baik ini. Hal seperti ini sebenarnya hal yang lumrah, apalagi dengan niat membangun Kaltim," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: