Antisipasi Penimbunan BBM, Polresta Balikpapan Patroli ke Sejumlah SPBU

Antisipasi Penimbunan BBM, Polresta Balikpapan Patroli ke Sejumlah SPBU

Bhabinkamtibmas Karang Joang lakukan pemantauan di salah satu SPBU di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Minggu (31/3/2024). -(Foto/Dok. Polresta Balikpapan)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Polresta Balikpapan melalui jajaran polsek, meningkatkan patroli dan pengawasan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di beberapa SPBU di Balikpapan, dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Fitri 1445H, .

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Humas Polresta Balikpapan, Ipda Sangidun pada Minggu (31/3/2024). 

Ia berujar bahwa pihaknya berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memastikan kelancaran distribusi BBM

BACA JUGA: Kasus Pertamax Palsu Mencuat, Polresta Samarinda Gelar Sidak SPBU

"Patroli ini difokuskan pada pengawasan antrean kendaraan, ketersediaan BBM, dan potensi penimbunan," ungkap Ipda Sangidun. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini, kata Ipda Sangidun adalah untuk memastikan kelancaran distribusi BBM dan mengantisipasi potensi kerawanan, seperti antrian panjang kendaraan dan penimbunan BBM.

BACA JUGA: Bum! Gudang Peluru TNI di Bogor Meledak, Granat Sampai Terlempar ke Rumah Warga

“Hasil patroli yang dilakukan di SPBU Kebun Sayur di wilayah Balikpapan Barat pada Sabtu (30/3/2024) malam dan SPBU KM 15 di Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara pada Minggu (31/3/2024), menunjukkan situasi yang aman dan kondusif,” terang Ipda Sangidun.

Stok BBM tersedia dengan cukup dan antrean kendaraan terpantau normal. Namun, pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan membeli BBM secara berlebihan.

BACA JUGA: Bendera 'GAM' Berkibar di Polsek Samalanga, Kapolsek Diperiksa Propam

"Belilah BBM sesuai dengan kebutuhan dan selalu ikuti aturan yang berlaku di SPBU," imbau Ipda Sangidun. 

Pasalnya, pernah terjadi insiden di SPBU Kebun Sayur pada 5 Januari 2024 lalu. Dimana sopir truk menutup akses masuk ke SPBU karena kehabisan solar. Para sopir truk mengaku telah menunggu lama sejak sore hari, hingga tengah malam namun antrean tidak kunjung jalan. 

BACA JUGA: Gelapkan Pajak Rp3 Miliar Lebih, Pengusaha Solar ini Sempat Buron 2 Tahun

Namun pada akhirnya telah diatasi dengan mediasi antara pihak kepolisian dan koordinasi Pertamina, yaitu mengalihkan pengisian solar ke SPBU KM 13.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: