Bendera 'GAM' Berkibar di Polsek Samalanga, Kapolsek Diperiksa Propam

Bendera 'GAM' Berkibar di Polsek Samalanga, Kapolsek Diperiksa Propam

Bendera bulan bintang yang identik dengan GAM berkibar di Polsek Samalanga, Bireuen, Aceh.-(Tangkapan Layar/ Istimewa)-

NOMORSATUKALTIM - Bendera Bulan Bintang yang identik dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) berkibar di pagar Polsek Samalanga, Bireuen, Aceh, pada hari Jumat (29/3/2024).

Atas insiden ini, Seksi Propam Polres Bireuen memeriksa Kapolsek Samalanga beserta personel piket.

"Kami sudah memeriksa Kapolsek maupun personel yang piket pada hari kejadian," kata Kapolres Bireuen, AKBP Jatmiko dilansir dari Antara, Minggu (31/3/2024).

BACA JUGA: Gelapkan Pajak Rp3 Miliar Lebih, Pengusaha Solar ini Sempat Buron 2 Tahun

AKBP Jatmiko menjelaskan, bendera ini dikibarkan oleh sekelompok orang yang dipimpin oleh pelaku berinsial NS alias ND.

Ia menjelaskan, pengibaran bendera tersebut diduga dilatarbelakangi adanya ketidakpuasan pelaku terhadap penanganan kasus penganiayaan.

BACA JUGA: Salah Alamat! Dewi Sandra Kena Getah Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi

"Kasus penganiayaan tersebut dilaporkan ke Polsek Samalanga pada tanggal 4 Oktober 2023. Kasus tersebut sudah ditangani kepolisian sesuai dengan prosedur. Berkas perkara beserta tersangka penganiayaan dan barang bukti sudah dilimpahkan ke kejaksaan," terangnya.

Kendati berkasnya sudah dilimpahkan, mantan Kapolres Simeulue itu menyebutkan, kapolsek dan personel setempat tetap diperiksa secara internal untuk menelusuri prosedur penanganan kasus penganiayaan tersebut. 

BACA JUGA: Audiensi soal Tarif, Pj Gubernur Kaltim Janjikan Perda Angkutan Online kepada Aliansi Driver

Apabila ada indikasi ketidakprofesionalan dalam penanganan kasus penganiayaan yang mendasari pelaku mengibarkan Bulan Bintang, dia menegaskan bahwa pihaknya akan memproses kapolsek dan personel sesuai dengan aturan.

Terkait pengibaran bendera GAM ini, Kapolres Bireuen bersama pimpinan daerah dan tokoh masyarakat setempat telah melakukan langkah-langkah persuasif demi keamanan dan ketertiban masyarakat di Samalanga.

BACA JUGA: Polresta Samarinda Siagakan Ratusan Personel Gabungan Untuk Pengamanan Arus Mudik 2024

Ia mengimbau masyarakat, khususnya di Kabupaten Bireuen, agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, terlebih pada bulan suci Ramadhan ini sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam beribadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: