Kendaraan di Balikpapan Tumbuh 100 Unit per Hari, Dishub Berencana Tambah TL di Sejumlah Titik

Kendaraan di Balikpapan Tumbuh 100 Unit per Hari, Dishub Berencana Tambah TL di Sejumlah Titik

Antrean kendaraan yang tampak di ruas Jalan MT Haryono depan RS Hermina arah persimpangan Wika.-(Disway Kaltim/ Chandra)-

Koordinasi dengan Ditlantas juga menjadi prioritas, terutama terkait di titik persimpangan Wika. Dikarenakan pada simpang ini selalu terjadi antrean kendaraan pada jam-jam tertentu terutama jam pulang kantor.

"Sudah ada kajian rekayasa dan rencana pemasangan traffic light di simpang tiga Wika. Dimana arah dari Hermina dapat melaju tanpa hambatan dari arah Polda dan Global Sport," terang Adwar.

Adapun terkait hubungan antara pertumbuhan kendaraan dengan proyek Ibu Kota Negara (IKN), Adwar menilai bahwa proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) yang ada di Kawasan kilang Pertamina Kota Balikpapan inilah yang memiliki pengaruh paling signifikan. 

"Banyaknya tenaga kerja di proyek RDMP berkontribusi pada peningkatan jumlah kendaraan. Sementara IKN belum begitu terlalu berpengaruh langsung karena kebanyakan baru untuk staf dan merupakan kegiatan baru di Balikpapan," pungkasnya.

BACA JUGA: Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Jumlah Penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda Meningkat

Sebagai salah satu penyangga ibu kota negara di Kalimantan Timur, Kota Minyak memang terus mengalami perkembangan. Salah satunya adalah urbanisasi yang mendorong pertumbuhan jumlah kendaraan, pola lalu lintas, dan kualitas lingkungan. 

Pada berita sebelumnya, berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, menerangkan bahwa angka pertumbuhan penduduk di Balikpapan tercatat sebanyak 5.136 jiwa di periode tahun 2023. 

Data tersebut merupakan jumlah penduduk permanen yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Balikpapan. Belum ditambah dengan angka pendatang yang menetap sementara karena pekerjaan di sektor proyek.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: