Warga Keluhkan Parkir Liar Jadi Penyebab Macet di Jalan Danau Toba

Warga Keluhkan Parkir Liar Jadi Penyebab Macet di Jalan Danau Toba

Kepala Dinas perhubungan (Dishub) Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu saat diwawancarai langsung, pada Senin (01/7/2024)-(Disway Kaltim/Salsa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kepala Dinas perhubungan (Dishub) Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu menanggapi keluhan warga mengenai parkir liar yang menyebabkan kemacetan di Jalan Danau Toba.

“Kami berjanji untuk segera menertibkan kondisi tersebut. Sebenarnya kami sudah mengetahui permasalahan ini, dan akan segera mengambil langkah-langkah untuk mengembalikan fungsi di ruang jalan tersebut," kata Hotmarulitua Manalu, Senin (01/7/2024) siang.

Ia menyebut, Dishub Samarinda telah berkoordinasi dengan Satpol PP dan pihak terkait lainnya untuk menangani parkir liar yang menyebabkan kemacetan.

“Kami juga akan berdialog dengan pemilik ruko-ruko di sepanjang jalan tersebut, agar menyediakan tempat parkir yang memadai bagi pengunjung mereka,” ucap Manalu, sapaan akrabnya.

BACA JUGA : Pembayaran Parkir Non Tunai di Mal Kota Samarinda Resmi berlaku

Ia juga menekankan, Dishub Samarinda memastikan jalan tersebut dapat berfungsi kembali sebagai jalur kendaraan yang lancar.

Di samping itu, pihaknya akan mengevaluasi kebijakan terkait parkir di sepanjang Jalan Danau Toba. 

"Kami akan mempertimbangkan untuk mengembalikan fungsi ruas jalan ke fungsinya semula, yaitu sebagai jalur kendaraan," tegasnya.

Kendati demikian, Manalu menegaskan, diperlukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait kebijakan tersebut.

Termasuk, dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asekbang).

BACA JUGA : Sungai Mahakam Kembali Meluap, Sejumlah Kampung di Mahulu Turut Terdampak

"Kami masih menunggu arahan dari Sekda dan Asekbang terkait kebijakan ini," sebutnya.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat dapat bersabar dan mendukung upaya Dishub dalam menertibkan parkir liar di Jalan Danau Toba.

"Kami mohon maaf atas kejadian ini, tentu kami segera menyelesaikan permasalahan ini," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: