Akmal Hadiri Rakor Persiapan HUT ke-79 RI di IKN: Sejarah Kaltim, Semua Harus Siap

Akmal Hadiri Rakor Persiapan HUT ke-79 RI di IKN: Sejarah Kaltim, Semua Harus Siap

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik saat berbicara dalam rapat koordinasi persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.-(Ist./Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik, menghadiri rapat koordinasi (rakor) persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI), di Hotel Platinum Balikpapan, pada Kamis (4/7/2024).

Upacaranya ini akan dipusatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), dan menjadi sejarah nasional dan daerah di Benua Etam.

Sebab itu, kesiapan pelaksanaan hingga saat ini terus dilakukan semua pihak. Termasuk, Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kabupaten dan Kota, TNI dan Polri di Kaltim. 

"Intinya kita ingin persiapan pelaksanaan ini diharapkan dapat dilakukan sesempurna mungkin. Sebab, ini bagian dari sejarah masyarakat Kaltim dan Indonesia, sehingga semua harus siap," kata Akmal Malik usai rapat tersebut.

BACA JUGA: Program WFI Tingkatkan Semangat ASN Pindah ke Ibu Kota Nusantara

Meski pelaksanaan upacara ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat, namun bagi Akmal, pelaksanaannya di IKN, berlokasi di Provinsi Kaltim. 

Akmal menyebut, IKN adalah berkah bagi masyarakat Kaltim. Artinya, stigma IKN yang siap, harus dihadirkan dengan baik. Khususnya, mulai dari penyelenggaraan HUT ke 79 Kemerdekaan RI. 

"Yang jelas, terpenting dalam pelaksanaan ini adalah bagaimana pengamanan mobilitas massa hingga ketersediaan logistik di sana. Kemudian jangan sampai ada kemacetan pada hari H," pesannya. 

BACA JUGA: Garuda Muda Akhiri Kejuaraan AFF U-16 di Peringkat 3, Ini Komentar Erick Thohir

"Pergerakan yang paling crowded nanti adalah pada saat 17 Agustus. Sebab, ada dua kegiatan, yaitu upacara kenaikan dan penurunan. Jangan sampai kondisi ini menyebabkan kemacetan," timpalnya.

Lanjut Akmal, karena rapat ini yang pertama sepanjang sejarah RI, maka akan ada rapat-rapat lanjutan untuk persiapan. 

Di waktu yang sama, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto juga menjelaskan, sebuah kehormatan dan penghargaan bagi Kaltim bisa terlibat dalam penyelenggara HUT ke 79 Republik Indonesia. Sehingga, persiapan setiap saat harus update. 

"Kondisi ini tentu akan menjadi antusias masyarakat untuk menyukseskan," ujar Pol Nanang Avianto. 

BACA JUGA: Jaga Kelestarian Habitat Ubur-ubur di Kakaban, Pemkab Berau Dapat Apresiasi dari Kemenparekraf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: