Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Jumlah Penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda Meningkat

Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Jumlah Penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda Meningkat

Suasana arus mudik di Bandara APT Pranoto Samarinda.-istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Jumlah penumpang yang berangkat lewat Bandara Udara (Bandara) APT Pranoto Samarinda menjelang arus mudik lebaran 2024 mulai meningkat.

Tercata sebanyak 7.123 penumpang melintas dalam beberapa hari ini sejak 12 Maret hingga Sabtu 16 Maret 2024. Kepala Seksi Teknik dan Operasi Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Dwi Muji menyebutkan, jumlah penumpang yang datang sebanyak 3.727 orang. Sedangkan penumpang yang berangkat atau keluar sebanyak 3.396. Ini terdata sejak lima hari pertama Ramadan.

"Sebenarnya belum terjadi peningkatan signifikan dalam arus penumpang harian dibandingkan masa sebelum Ramadan," kata Dwi Muji, Senin 18 Maret 2024. 

BACA JUGA:Hai Warga Kaltim, Program Mudik Gratis Kemenhub Sudah Dibuka, Segera Daftar di Aplikasi MitraDarat

Kata Dwi, untuk maskapai yang beroperasi di bandara APT Pranoto meliputi Batik Air, Super Air Jet, Lion Air, Wing Air, Citilink, dan Penerbangan Perintis Susi Air. Rute penerbangan yang paling banyak diminati yakni Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Berau.

Ia mengatakan, Pihak bandara akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan pelayanan penumpang saat memasuki masa arus mudik nanti. Kemudian pihak Bandara juga akan menyediakan penerbangan tambahan (extra flight). Langkah ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

"Biasanya ada 15 penerbangan yang disiapkan setiap hari menjelang Hari Raya Idul Fitri," sebutnya.

Bandara APT Pranoto menghimbau kepada masyarakat khususnya calon penumpang yang mudik melalui bandara tersebut agar mematuhi ketentuan kapasitas bagasi untuk kenyamanan bersama.

Sebab, jika berkaca pada arus mudik Ramadhan tahun lalu, jumlah penumpang yang melakukan penerbangan dari Samarinda menuju Yogyakarta dan Samarinda ke Surabaya selalu penuh dari Ramadhan hari ke-20 hingga lebaran.

BACA JUGA:Bandara APT Pranoto Tetap Layani Penerbangan Perintis Bersubsidi ke Daerah 3T

Karena itu, pihaknya menyarankan agar masyarakat yang berencana mudik melalui Bandara APT Pranoto untuk lebih mempersiapkannya jauh hari sebelum keberangkatan.

Bandara APT Pranoto Samarinda terus melakukan pengembangan fasilitas dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan penumpang menuju puncak arus mudik.

Kata Dwi, salah satu fasilitas yang telah dioperasikan adalah garbarata, yang berperan sebagai jembatan penghubung antara terminal penumpang dan pesawat. Garbarata, mulai difungsikan pada Januari 2024, saat ini telah beroperasi dengan dua unit.

Fasilitas tersebut dirancang untuk memudahkan akses penumpang menuju pesawat, sekaligus melindungi mereka dari kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: