Sekda Sri: Generasi X dan Z Bakal Jadi Pemain Utama Pembangunan Kaltim

Sekda Sri: Generasi X dan Z Bakal Jadi Pemain Utama Pembangunan Kaltim

Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni-(Dok. Adpimprov Kaltim)-

Melalui diskusi publik ini Sekda berharap masukan tanggapan yang konstruktif dari para civitas untuk memperkaya rumusan rumusan yang sedang disusun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim.

Sebagai penutup Sekda juga menyampaikan bahwa dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kaltim 2025-2045 menuju Indonesia Emas nanti ini diharapkan menjadi dokumen perencanaan yang taktis dan lebih detail.

BACA JUGA: Forbes Merilis Daftar 10 Orang Terkaya di Asia 2024, Salah Satunya Taipan asal Indonesia

Diskusi ini membahas tema "Transformasi Pembangunan Menuju Kalimantan Timur Maju, Adil dan Berkelanjutan: Pencapaian, arah kebijakan dan tantangan di era strategis".

Hadir narasumber lainnya Wakil Ketua  Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian.

 

IPM Kaltim 2023

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia sebesar 74,39 poin pada 2023. Skor tersebut meningkat 0,84 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 73,77 poin. 

Berdasarkan wilayahnya, Jakarta menjadi provinsi yang memiliki IPM tertinggi pada 2023. Ibu kota Indonesia tersebut mencatatkan skor IPM sebesar 82,46 poin atau masuk status sangat tinggi.

Selain Jakarta, ada pula Yogyakarta dengan status IPM sangat tinggi. Ini seiring dengan skor IPM Yogyakarta yang sebesar 81,07 poin pada 2023. 

BACA JUGA: Asyik, Beasiswa Kaltim Tuntas Dibuka Lagi Februari

Setelahnya ada Kalimantan Timur yang memiliki IPM sebesar 78,2 poin pada 2023. Kemudian, Kepuluan Riau dan Bali memiliki skor IPM masing-masing sebesar 77,11 poin dan 77,1 poin. 

Sulawesi Utara memiliki skor IPM sebesar 74,36 poin. Lalu, Riau dan Banten berturut-turut memiliki skor IPM sebesar 74,04 poin dan 73,87 poin. 

Di sisi lain, Papua menjadi provinsi dengan IPM paling rendah di Indonesia pada 2023, yakni 62,25 poin. 

Capaian ini menempatkan Papua bersama empat provinsi lainnya dalam status sedang lantaran memiliki skor IPM di rentang 60-70 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: