Lalapan Daun Kenikir Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan yang Baik untuk Tubuh

Lalapan Daun Kenikir Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan yang Baik untuk Tubuh

Lalapan Daun Kenikir Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan yang Baik untuk Tubuh-istimewa-

NOMORSATUKALTIM - Kenikir menjadi salah satu tanaman yang sering ada di lalapan, diketahui ternyata kenikir memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari akun X atau Twitter Ahli Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Zubairi Djoerban mengatakan sayuran ini juga dikenal dengan ‘king’s salad’.

"Tentu manfaatnya harus diimbangi dengan obat medis ya," tuturnya.

Sayuran ini memang mengandung banyak senyawa yang dilaporkan sangat bermanfaat.

Seperti flavonoid dan turunannya, fenolik lain, dan minyak atsiri pada daunnya. Sedangkan pada akarnya hanya mengandung non-flavonoid. 

Berbagai penelitian pun banyak mengungkapkan manfaat kesehatan dari kenikir.

Di Amerika Latin dan Asia Tenggara, daun kenikir digunakan sebagai antiaging, menguatkan tulang, dan mengobati beberapa yang terkait kardiovaskular.

Kemudian penelitian yang dilakukan pada tikus putih jantan dengan hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi pada darah) melaporkan bahwa ekstra daunnya juga dapat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol total, dan meregenerasi jaringan pankreas.

Masih pada penelitian dengan tikus, dengan ekstra daun berdosis 1000mg/kg berat badan, memberikan perlindungan pada organ vital seperti paru-paru, ginjal, dan perut.

 

 

Selain itu, daun kenikir juga diketahui memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen seperti Salmonella sp., Proteus mirabilis, Proteus mirabilis, Staphylococcus aureus, Listeria monocytogenes, dan Vibrio cholerae.

Daun kenikir juga bisa dimanfaatkan sebagai anti jamur, menurunkan tekanan darah, antioksidan, melindungi tulang dari kerusakan pada osteoporosis pasca menopause, dan anti kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id