Buktikan Khasiat Konsumsi Jahe Campur Kunyit untuk Kesehatan

Buktikan Khasiat Konsumsi Jahe Campur Kunyit untuk Kesehatan

Buktikan Khasiat Konsumsi Jahe Campur Kunyit untuk Kesehatan-(istimewa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kombinasi jahe dan kunyit telah lama dianggap bermanfaat bagi kesehatan, baik dalam pengobatan tradisional maupun melalui penelitian ilmiah modern.

Kedua rempah-rempah ini dikenal memiliki khasiat yang luas, khususnya dalam meredakan peradangan, memperbaiki pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam hal efektivitasnya, terutama ketika keduanya dikonsumsi secara bersamaan.

Kunyit, yang merupakan salah satu bahan utama dalam berbagai pengobatan tradisional Asia, memiliki senyawa aktif yang sangat kuat bernama kurkumin.

BACA JUGA :  PDIP Balikpapan Optimis Menang Pilkada 2024, Budiono: Sudah Lima Kali Berturut-turut

Kurkumin inilah yang memberikan warna kuning cerah pada kunyit sekaligus bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatannya.

Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan flu biasa, mengobati gangguan pencernaan, serta masalah kulit dan saluran pernapasan atas.

Yang paling menonjol dari manfaat kunyit adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan.

Penelitian modern mendukung penggunaan kunyit sebagai antiinflamasi alami yang efektif.

BACA JUGA : PT Berau Coal Borong Penghargaan di Good Mining Practices (GMP) Awards Tahun 2024

Kurkumin diketahui dapat membantu mengatasi berbagai kondisi inflamasi kronis seperti sindrom metabolik, artritis, radang usus, dan bahkan hiperlipidemia.

Selain itu, kunyit juga dapat bermanfaat dalam mengatasi pilek, artritis, dan masalah pencernaan lainnya.

Namun, ada satu kelemahan penting: kurkumin dikenal memiliki bioavailabilitas yang rendah, yang berarti tubuh sulit menyerapnya.

Ini membuat manfaat kesehatan kunyit sering kali memerlukan metode tertentu, seperti konsumsi dengan lada hitam, yang dapat meningkatkan penyerapan kurkumin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id