Pemkab Berau Beri Tambahan Insentif Kinerja Bagi Kampung Terbaik Dalam Pengelolaan Keuangan

Pemkab Berau Beri Tambahan Insentif Kinerja Bagi Kampung Terbaik Dalam Pengelolaan Keuangan

Pemkab Berau Beri Tambahan Insentif Kinerja Bagi Kampung Terbaik Dalam Pengelolaan Keuangan-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Sebanyak 15 kampung di Kabupaten Berau bakal mendapatkan Dana Insentif Kinerja (Dika) 2024. Yang totalnya mencapai Rp 3,2 miliar.

"Setiap kampung nilainya tidak sama. Besarannya berdasarkan kinerja," kata Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau, Tentram Rahayu pada Kamis (11/1/2024).

Kampung yang mendapat dana insentif, yaitu Kampung Sumber Agung di Kecamatan Batu Putih, Kampung Biatan Ilir di Kecamatan Biatan, Kampung Pantai Harapan di Kecamatan Biduk-Biduk, Kampung Maluang dan Merancang di Kecamatan Gunung Tabur, Kampung Pegat Batumbuk di Kecamatan Pulau Derawan, Kampung Gurimbang, Tumbit Dayak, dan Long Lanuk di Kecamatan Sambaliung, Kampung Tunggal Bumi, Campur Sari, Sumber Mulya di Kecamatan Talisayan, Kampung Tepian Buah di Kecamatan Segah, serta Kampung Labanan Makarti dan Labanan Jaya di Kecamatan Teluk Bayur.

"Sebelum menerima dana Dika, kampung-kampung tersebut akan mendapatkan pembekalan atau arahan dari jajaran Forkopimda dan pertanahan. Hal itu dilakukan, mengingat sering terjadi kasus-kasus terkait dengan sengketa tanah," kata Tentram.

Dia menjelaskan, Dika hanya diberikan kepada kampung-kampung terbaik dalam pengelolaan dana keuangannya. Dan, dana insentif diambil melalui 1 persen dari Alokasi Dana Kampung (ADK). Dimana pada 2024 ini, ADK Kabupaten Berau sebesar Rp 320 miliar.

"Kalau sebelumnya itu 10 kampung, sekarang 15 kampung," ujarnya.

Dirinya berharap melalui pemberian insentif, menjadi motivasi bagi kampung-kampung lain untuk bisa menjadi kampung terbaik.

"Semoga saja kampung-kampung yang lain termotivasi untuk memicu kinerjanya, agar bisa menjadi yang terbaik," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: