Pasar Klandasan Ikon Balikpapan, Revitalisasi Mendapat Apresiasi

Pasar Klandasan Ikon Balikpapan, Revitalisasi Mendapat Apresiasi

Slamet Iman Santoso--

NOMORSATUKALTIM - Rencana revitalisasi Pasar Klandasan oleh Pemerintah Kota Balikpapan mendapat apresiasi anggota DPRD Balikpapan, Slamet Iman Santoso. Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menyebut pembenahan area Pasar Klandasan yang berada di pusat kota merupakan keharusan.

Menurut angota Komisi II itu, Pasar Klandasan merupakan salah satu ikon Kota Balikpapan sehingga memang perlu terus dibenahi.

 

Dia menambahkan, salah satu yang sedang dalam proses pembangunan adalah Blok A dan Blok B. Kawasan yang dulu merupakan area berjualan ikan dan hasil laut ini sudah dibongkar. Saat ini untuk pedagang ikan pasar Klandasan pindah ke belakang pasar dekat area laut.

"Sejauh ini langkah pemerintah sangatlah bagus, mereka punya solusi dan ini telah di lakukan oleh dinas Perdagangan yang mengurusi pasar, apalagi pasar Klandasan ini pasar yang sudah meniadi icon Kota Balikpapan sejal dulu," kata bekas jurnalis itu, Jumat (11/8/2023).

Dia juga meminta para pedagang di pasar tersebut yang tentu terdampak pembenahan untuk bersabar, karena memang semua butuh proses.

Harapannya, ke depan pasar ini akan nyaman untuk memfasilitasi jual beli masyarakat Balikpapan dan menjadi aset untuk menambah pendapatan daerah.

 

"Saya meminta pemerintah harus terbuka ke masyarakat agar apa yang dikerjakan ini bisa diawasi bersama-sama. Kami berharap semua tahapan-tahapan proses pasar ini di sampaikan ke masyarakat dan hasilnya juga nyaman," ujarnya.

Agus Budi Prasetyo dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Balikpapan menegaskan kontraktor pemenang lelan pembenahan Pasar Klandasan tidak akan serta merta melakukan pembongkaran.

“Saat ini sudah diinformasikan sejak lama dengan pemenang lelang tidak melakukan pembongkaran, jadi Dinas Perdagangan menyusun RAB, baru untuk pembongkaran, nanti kalau proyek tidak jalan masyarakat tentu akan menuntut,” katanya.

 

Arif Budi menjelaskan Pemkot Balikpapan menggunakan jasa kontraktor lokal dalam proyek ini.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Haemusri Umur mengungkapkan bahwa pemenang lellang untuk pembangunan pasar sudah ada pemenang lelang. Untuk nilai anggaran untuk blok A sebanyak Rp3,9 Miliar dan Blok B Rp8,6 Miliar, semua ini sudah ada pemenang lelangnya.

Untuk pembangunan Pasar Klandasan ditargetkan tuntas dalam 5 bulan, dia berharap pemenang lelang bisa membangun pasar Klandasan ini sesuai dengan progres dan tepat waktu," pungkasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: