45 Anggota DPRD Balikpapan Dilantik, 20 Pendatang Baru

45 Anggota DPRD Balikpapan Dilantik, 20 Pendatang Baru

Proses pelantikan 45 anggota DPRD Balikpapan periode 2024-2029 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome.-chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Sebanyak 45 anggota DPRD Balikpapan dilantik, Senin 26 Agustus 2024, atau lebih cepat dibandingkan daerah lain. Kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Prakoso Yudho Lelono, itu karena tidak ada gugatan pada hasil pemilihan legislatif sebelumnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono, menyampaikan bahwa gugatan hasil pemilihan legislatif hanya terjadi pada DPR RI. Sehingga memerlukan Penghitungan Suara Ulang (PSU).

“Penetapan ini berdasarkan surat dari KPU RI yang diterima pada 1 Mei. Proses ini berlangsung cepat karena tidak ada gugatan mengenai hasil pemilihan legislatif di Balikpapan,” ujar Prakoso.

BACA JUGA:Pendaftaran Calon Wali kota dan Wakil Wali kota Balikpapan Resmi Dibuka, Catat Tanggalnya!

BACA JUGA:Enggak Habis Pikir, Anak Tega Habisi Ibu Kandung di Balikpapan

Untuk itu, sebanyak 45 anggota DPRD untuk periode 2024-2029 pun resmi dilantik oleh Wakil Kepala Pengadilan Negeri kota Balikpapan R. Aji Suryo dan dipimpin oleh Ketua DPRD Abdulloh yang  juga didampingi tiga wakilnya dalam rapat paripurna istimewa di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Senin 26 Agustus 2024.

Pelantikan ini adalah hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) Februari lalu. Dari 45 anggota, terdapat 25 incumbent yang terpilih kembali dan 20 anggota baru.

Peningkatan keterwakilan perempuan juga terlihat dengan 12 wanita yang terpilih sebagai anggota dewan.

Setelah pelantikan, Alwi Al-Qodri kini menjabat sebagai pimpinan DPRD sementara menggantikan Abdulloh. Alwi pun menyampaikan rasa bahagianya dan harapannya untuk masa depan.

BACA JUGA:Balikpapan Memanas, Mahasiswa Kepung Gedung DPRD Tolak Revisi UU Pilkada

“Saya sangat berbahagia setelah kemarin, pada tanggal 2 Februari, pencoblosan ini adalah puncak, dan hari ini adalah pelantikan. Alhamdulillah, kami sangat berbahagia karena tidak mudah untuk bisa terpilih lagi,” ungkap Alwi.

Menurutnya, ada beberapa harapan yang ingin dia capai dan perbaiki dari periode lalu.

“tentunya yang kemarin kurang baik akan kami perbaiki, dan yang sudah baik akan kami pertahankan. Jika perlu, kami akan tingkatkan,” tutur Alwi.

Dalam periode kepemimpinan ini, Alwi berencana membentuk fraksi-fraksi dan mengadakan rapat gabungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: