Mulai Hari Ini Satlantas Polres Mahulu Gelar Operasi Zebra, Pastikan Pengendara Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Mulai Hari Ini Satlantas Polres Mahulu Gelar Operasi Zebra, Pastikan Pengendara Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Polres Mahulu saat melaksanakan apel gelar pasukan persiapan operasi Zebra 2024 (Iswanto/Disway Kaltim)- Nomorsatukaltim.--

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Mahakam Ulu (Mahulu) akan melaksanakan Operasi Zebra 2024 mulai hari ini Senin, 14 Oktober 2024 hingga 27 Oktober 2024.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Mahulu, AKBP Anthony Rybok saat gelar apel pasukan yang berlangsung di Halaman Mako Polres Mahulu, Senin (14/10/2024). 

Dirinya menjelaskan, operasi zebra bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan lalu lintas, dan memastikan seluruh pengendara dapat mematuhi peraturan lalu lintas jalan.

“Kegiatannya mulai hari ini sampai 27 Oktober. Ini serentak di seluruh jajaran Polda kaltim, untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas, guna menekan kecelakaan lalu lintas, terutama di wilayah hukum Polres Mahulu,” jelas Anthony Rybok kepada NOMORSATUKALTIM.

BACA JUGA : Polresta Samarinda Fokus 7 Jenis Pelanggaran pada Operasi Zebra Mahakam 2024

Polres Mahulu mengakui bahwa tingkat kesadaran lalu lintas masyarakat masih rendah.

Karena itu, selama operasi ini ada beberapa hal yang menjadi sasaran atau perhatian utama, yakni penggunaan handphone saat berkendara, pengendara dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, serta pengendara yang tidak menggunakan helm. 

Kemudian, selama operasi berlangsung, Satlantas Polres Mahulu tidak hanya fokus pada penindakan pelanggaran.

Tetapi juga melakukan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara berlalu lintas yang benar sesuai peraturan yang berlaku.

BACA JUGA : Per Hari ini, Operasi Zebra Mahakam 2024 di Kukar Resmi Dimulai

Edukasi yang dilakukan tidak hanya bagi pengendara di jalan saja, tapi juga menyasar ke sekolah-sekolah, seperti SMA, SMP bahkan SD dan PAUD.

Tujuannya agar peraturan tentang lalu lintas serta tanggung jawab sebagai pengguna jalan dapat dipahami sejak dini.

“Kami dari Polres Mahulu tiap hari akan melaksanakan operasi tersebut, bukan cuma penindakan, tapi juga edukasi kepada masyarakat, kampanye keselamatan berlalu lintas,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Mahulu, IPTU Budi Santoso mengimbau masyarakat untuk selalu menyiapkan kendaraan yang layak jalan dan melengkapi surat-surat kendaraan sebelum bepergian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: