Pemkab Mahulu Pertimbangkan Relokasi Permukiman Warga di Pinggir Mahakam

Pemkab Mahulu Pertimbangkan Relokasi Permukiman Warga di Pinggir Mahakam

Permukiman warga di Kampung Ujoh Bilang, Mahulu yang terdampak musibah banjiri Bootcamp Media 2024 saat presentasi.-istimewa-

“Kami sudah mengecek ke lapangan setelah banjir sebelumnya dan dari situ kami menyarankan, agar warga terhindar dari kondisi seperti ini, sebaiknya pindah ke lokasi yang lebih aman,” terangnya.

BACA JUGA:Bantuan Pemprov Kaltim untuk Banjir di Mahulu Menggunakan Jalur Sungai

Diberitakan sebelumnya, banjir tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak malam hari, hingga menyebabkan air Sungai Mahakam meluap ke permukiman warga.

Camat Long Pahangai, Tomas Ding, melaporkan bahwa hingga pukul 12.03 WITA kondisi air masih terus naik, dan hampir seluruh kampung di wilayah kecamatan itu telah terendam air banjir.

"Mulai pukul 08.00 pagi tadi, air deras naik sampai sekarang, dan hampir semua kampung di wilayah Long Pahangai sudah terendam," ungkap Tomas, Selasa (8/10/2024).

Ketinggian air dilaporkan sudah mencapai dada orang dewasa, dengan beberapa rumah warga sudah terendam hingga satu meter.

Selain itu, lokasi pelaksanaan acara adat Hudoq Pekayang di Kampung Long Isun juga dikabarkan sudah terendam air banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: