Datangi KPK, Kaesang Klarifikasi Penggunaan Jet Pribadi ke Amerika Serikat

Datangi KPK, Kaesang Klarifikasi Penggunaan Jet Pribadi ke Amerika Serikat

Kaesang mendatangi gedung KPK-istimewa-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, datang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI untuk memberikan klarifikasi.

Kaesang menjelaskan bahwa dirinya hadir di Gedung Lama KPK atau ACLC Jakarta sebagai warga negara Indonesia untuk menjelaskan dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gundono.

"Saya tadi memberikan klarifikasi terkait perjalanan saya pada 18 Agustus ke Amerika Serikat, di mana saya menumpang pesawat," ujar Kaesang setelah memberikan klarifikasi pada Selasa, 17 September 2024.

Ia menegaskan bahwa dirinya hadir bukan sebagai pejabat atau penyelenggara negara.

BACA JUGA : Potensi Industri Halal Sangat Besar, Jokowi Minta Pengusaha Bidik Pasar Global

"Hari ini saya datang ke KPK sebagai warga negara yang taat hukum. Saya bukan pejabat, bukan penyelenggara negara," katanya.

Kaesang juga menyatakan bahwa kehadirannya di KPK adalah atas inisiatif pribadi, bukan karena undangan dari lembaga tersebut.

"Saya datang ke sini atas inisiatif sendiri, bukan karena panggilan atau undangan," jelasnya.

Menurut pantauan Disway.Id, Kaesang datang didampingi oleh kuasa hukumnya, Nasrullah, dan juru bicaranya, Francinie Widjojo.

BACA JUGA : Sabu Setengah Kilogram dari Malaysia Gagal Masuk Indonesia via Nunukan

Kaesang yang mengenakan kemeja putih dan celana berwarna gelap tiba di gedung C1 KPK atau ACLC sekitar pukul 10.30 WIB dan selesai pada pukul 11.19 WIB.

Diketahui, Kaesang dan Erina menggunakan jet pribadi jenis Gulfstream G650 dengan nomor penerbangan N588SE.

Perjalanan tersebut menjadi perbincangan setelah salah satu unggahan di media sosial X menunjukkan tangkapan layar Instagram Story Erina pada 21 Agustus 2024, yang memperlihatkan foto dari jendela pesawat dengan keterangan "USA here we go" di akun Instagram @erinagudono.

Setelah ditelusuri, pesawat Gulfstream G650ER dengan nomor penerbangan N588SE itu milik Garena Online (Private) Ltd, sebuah unit usaha dari Sea Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: