Berau Masih Miliki Potensi Besar di Bidang Pertanian

Berau Masih Miliki Potensi Besar di Bidang Pertanian

Panen raya di Kabupaten Berau beberapa waktu lalu-Disway Kaltim-

"Para petani ke depan harus merubah pengelolaan pertanian menjadi agribisnis. Sehingga, target dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa terpenuhi. Dan kita harapkan target peningkatan produksi bisa tercapai,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Pertanian meminta seluruh kabupaten dan kota untuk segera menetapkan lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B).

Permintaan itu termaktub dalam peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) untuk mencegah alih fungsi lahan pertanian.

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Jan S Maringka mengatakan dari 514 Kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, baru 260 yang telah memiliki LP2B dalam perda RTRW.

“Banyak terjadi ahli fungsi lahan, namun upaya pencegahan atau penegakan hukumnya belum berjalan,” papar Jan Maringka, belum lama ini.

BACA JUGA : B1-KWK Parpol Dikunci, Fahmi-Ikhwan Siap Daftar ke KPU Paser

Ia menyebut sampai saat ini luas baku lahan sawah di Indonesia mencapai 7,46 juta hektare.

Sedangkan yang telah ditetapkan sebagai LP2B baru seluas 5,29 juta hektare.

Dari total luas lahan 7,46 juta hektare itu, diantaranya 659.200 hektare mengalami alih fungsi. Ia merinci sekitar 179.539 hektare dalam kondisi terbangun dan 479.661 hektare menjadi perkebunan.

Menurut Maringka, dampaknya akan terjadi hilangnya lahan pertanian subur, hilangnya investasi infrastruktur irigasi, kerusakan natural lanskap dan sejumlah masalah lingkungan.

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik menilai penggunaan lahan pertanian di Indonesia masih di bawah standar produktivitas yang menjamin berkelanjutan.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah mengatakan total lahan yang masuk dalam kategori itu sebesar 89,54 persen.

BACA JUGA : Gerindra Usung DEAL di Pilkada Kukar dengan Tagline Gerbang Nusantara

Data itu merujuk Survei Pertanian Terintegrasi yang dilakukan BPS pada 2021.

Habibullah menyebut hanya 42,48 persen petani yang mengalami profit sesuai standar pertanian berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: