Berau Masih Miliki Potensi Besar di Bidang Pertanian

Berau Masih Miliki Potensi Besar di Bidang Pertanian

Panen raya di Kabupaten Berau beberapa waktu lalu-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan sektor pertanian di Kabupaten Berau masih memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kabupaten Berau masih banyak memiliki lahan tidur yang dinilai potensial, sehingga perlu dilakukan perluasan areal tanam untuk mampu menjadi lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Peningkatan produksi akan terus dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan konsentrasi beberapa kampung menjadi penghasil gabah kering,” kata Bupati Sri Juniarsih, Senin (26/8/2024).

Berau dinilai masih cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

BACA JUGA : Perluasan Jaringan Internet Diperlukan untuk Menopang Layanan Pemerintah dan Pemasaran Produk UMKM

Bupati menyebut, Kampung Buyung-buyung memiliki potensi pertanian sawah mencapai 1.000 hektare, sementara lahan yang telah tergarap saat ini baru sekira 500 hektare.

"Dalam 1 hektare rata-rata produksi mencapai 4,5 hingga 5 ton, di kawasan ini memang memiliki basis petani sawah yang cukup baik. Pemerintah kampung juga harus fokus mengembangkan sektor pertanian mereka,” tuturnya.

Namun, Sri mengingatkan kepada pemerintah Kampung Buyung-buyung untuk melakukan pengembangan pertanian setiap tahunnya, seperti membenahi infrastruktur jalan usaha tani dan pembuatan irigasi.

BACA JUGA : Hasil Riset: Erythritol, Bahan Pengganti Gula ini Ternyata Meningkatkan Risiko Stroke

Hal ini juga harus dilakukan di beberapa kampung lain yang menjadi lumbung beras di Berau. Sebab beberapa kampung masih sangat berpotensi menjadi lumbung pangan Berau.

Bupati menjelaskan, saat ini pemasaran hasil pertanian lebih jelas, mulai dari harga Rp10 ribu per kilogram dan hasil panen dari petani nantinya akan dibeli oleh Bulog.

"Khusus untuk pertanian sawah, Kabupaten Berau memiliki potensi mencapai 13 ribu hektare bahkan lebih," ungkapnya.

Dengan dukungan SDM dan alat pertanian yang mumpuni dan terus ditambah setiap tahunnya, diharapkan potensi yang besar ini bisa lebih dimanfaatkan dengan maksimal.

BACA JUGA : Meriahkan Berau Expo, PT Berau Coal Kenalkan Produk Cokelat Hasil Pendampingan Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: