Perluasan Jaringan Internet Diperlukan untuk Menopang Layanan Pemerintah dan Pemasaran Produk UMKM

Perluasan Jaringan Internet Diperlukan untuk Menopang Layanan Pemerintah dan Pemasaran Produk UMKM

ilustrasi-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan membangun perluasan jaringan internet pada 21 kampung di Bumi Batiwakkal.

Perluasan jaringan internet tersebut, untuk mewujudkan Berau berbasis e-government atau pemerintahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi sampai ke perkampungan.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan penyediaan jaringan internet menjadi salah satu program unggulan Pemkab Berau.

“Pemkab Berau akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan pemenuhan layanan internet agar merata,” ujarnya, Senin (27/8/2024).

BCA JUGA : Meriahkan Berau Expo, PT Berau Coal Kenalkan Produk Cokelat Hasil Pendampingan Masyarakat

Selain itu, pihaknya juga telah mengusulkan pembangunan 30 BTS ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Usulan tersebut diprioritaskan untuk kampung-kampung yang memiliki potensi pariwisata dan sumber daya alam yang melimpah, termasuk di Kecamatan Kelay dan Segah.

“Karena memang di sana sangat membutuhkan tambahan BTS untuk memperkuat sinyal. Kalau 30 BTS itu dibangun semua oleh pemerintah pusat maka hampir 96 persen wilayah kita ini tidak lagi blank spot,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Berau, Didi Rahmadi menambahkan bahwa Kementerian Kominfo juga telah memilih langsung 31 kampung untuk dibangun perluasan jaringan internet.

BCA JUGA : Jadi Korban Bullying, Pelajar SMA Sampai Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

Namun, saat ini baru 21 kampung yang sudah diinventarisasi. 

"10 kampung lainnya tentu menunggu keputusan selanjutnya dari kementerian terkait," bebernya.

“Kami juga sudah rapat dengan Kemenkominfo dan kami juga membuat rapat via zoom dengan 21 kepala kampung. Sampai sekarang kami masih menunggu hasil akhir dari kementerian,” sambungnya.

Kemudian, Diskominfo Berau juga sudah memberikan titik-titik koordinat yang dibutuhkan guna membantu Kemenkominfo dalam membangun jaringan internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: