506 Kepala Daerah Sudah Konfirmasi Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN

506 Kepala Daerah Sudah Konfirmasi Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Pj Gubernur Akmal Malik dan Sekda Kaltim Sri Wahyuni mengikuti rapat koordinasi persiapan menyambut kedatangan para kepala daerah di IKN-adpimprov-adpimprov

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Sebanyak 506 kepala daerah dari seluruh Indonesia sudah menyatakan kesiapannya hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI. 

Jumah itu terdiri dari 33 gubernur, 215 bupati dan 58 wali kota. Angka itu diperkirakan masih akan terus bertambah.

"Ada kepala daerah yang tidak bisa hadir harus bisa menyampaikan alasan ketidakhadiran mereka secara logis," kata Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam pernyataan resmi yang dikutip, Jumat (9/8/2024).

Berdasarkan ketterangan gubernur, para kepala daerah juga akan mengikuti rapat koordinasi yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Garuda. Presiden Joko Widodo telah mengundang 38 gubernur, 416 bupati dan 98 wali kota.

BACA JUGA: 500 Undangan Bakal Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Kukar yang Baru (disway.id)

 

 

 

Akmal Malik usai rapat koordinasi persiapan pelaksanaan rapat para kepala daerah bersama Presiden yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut para gubernur akan dibawa menggunakan satu bus menuju IKN, pada Senin 12 Agustus 2024.

Mereka akan menginap di Swissotel Nusantara di IKN. Mereka akan ke IKN sekitar pukul 15.00 Wita, Senin sore.

"Pak Mendagri ingin memastikan dukungan dan kesiapan Kaltim untuk menerima dan membawa para kepala daerah ke IKN," kata Akmal Malik.

 

Sedangkan para bupati dan wali kota akan berangkat ke IKN pada Selasa, 13 Agustus 2024, pukul 06.00 Wita dengan titik kumpul Stadion Batakan Balikpapan. Mereka akan dibawa dengan 13 bus berkapasitas 40 kursi setiap bus.

BACA JUGA: ELektabilitas Andi Harun di Dua Lembaga Survei Masih Tinggi, di atas 80 Persen (disway.id)

 

Para kepala daerah dari seluruh Indonesia itu diminta membawa sendiri perlengkapan yang diperlukan ke IKN.

 

"Ajudan dan pendamping, termasuk dokumentasi hanya mengantar sampai titik kumpul di Stadion Batakan. Tidak ada yang ke IKN. Selama menunggu, kami juga siapkan Asrama Haji Batakan," jelas Akmal.

 

Di setiap bus yang akan membawa para kepala daerah akan disiapkan berbagai cemilan dan minuman produk khas UMKM Kaltim. Di Asrama Haji Batakan pun akan disiapkan UMKM dengan beragam sajian produk yang bisa dibeli.

 

"Rapat dengan Presiden di Istana Garuda direncanakan pukul 09.00 Wita," ungkap Akmal.

BACA JUGA: Demokrat Sudah Merapat ke Isran-Hadi, PDIP Kapan? (disway.id)

 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berterima kasih dan mengapresiasi persiapan Kaltim untuk menyukseskan rapat perdana para kepala daerah se-Indonesia itu di IKN.

 

"Mudah-mudahan semua daerah paham. Insyaallah nanti kita akan sama-sama bertemu di IKN," sebut mantan Kapolri itu.

 

Selama bermalam di Balikpapan, para kepala daerah dari seluruh wilayah Indonesia juga sudah cukup aman. Pasalnya, di Kota Beriman cukup tersedia hotel-hotel berbintang yang bisa digunakan para tamu daerah untuk menginap.

Antara lain Hotel Novotel, Hotel Grand Tjokro, Hotel Royal Suite, Hotel Platinum, Hotel Gran Senyiur, Hotel Golden Tulip dan Hotel Blue Sky. Rata-rata tersedia lebih dari 500 kamar setiap harinya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: