Bandara Sepinggan Siapkan Kedatangan 30 Ribu Penumpang HUT Ke-79 RI di IKN

Bandara Sepinggan Siapkan Kedatangan 30 Ribu Penumpang HUT Ke-79 RI di IKN

Sebuah pesawat di landasan pacu Bandara Sepinggan Balikpapan. PT Angkasa Pura I memperkirakan 30 ribu penumpang akan tiba untuk menghadiri peringatan HUT ke-79 RI di IKN -ist-nomorsatukaltim.disway.id

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan bersiap menyambut lonjakan penumpang yang signifikan menjelang Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

General Manager PT AP I SAMS Sepinggan, Ahmad Saugi Shahab, memperkirakan jumlah penumpang pada hari H akan mencapai puluhan ribu orang.

"Kalau hitungan terakhir 6 ribu (tamu negara) yang ikut upacara, kalau kita kali dua, 12 ribu, kalau tambah eksisting mungkin 30 ribu pada hari H," ujarnya, Kamis, 25 Juli 2024. Untuk menyiapkan kedatangan para tamu kenegaraan, AP I SAMS Balikpapan melakukan simulasi alur penjemputan.

Lonjakan penumpang ini didorong oleh sejumlah faktor, termasuk kedatangan tamu negara, delegasi, dan masyarakat umum yang ingin menyaksikan langsung upacara bersejarah tersebut.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penerbangan, sejumlah maskapai, seperti Garuda Indonesia, telah mengajukan tambahan atau extra flight.

"Garuda itu tujuh flight, untuk duta besar dan segala macam. Mungkin carter pesawat Garuda mereka yang 747 seri 400 kalau gak salah, gede itu," tambah Saugi.

 

Selain itu, peningkatan aktivitas penerbangan di Sepinggan juga dipengaruhi oleh keberadaan IKN. Sejak lebaran lalu, jumlah penerbangan rata-rata telah meningkat dari 120 menjadi 150 per hari. "Penambahan penumpang sekarang 9 ribu dibandingkan dulu 6-7 ribu, Ini skarang nambah terus," ujarnya.

 

Untuk memastikan kelancaran operasional bandara, pihak pengelola terus melakukan berbagai persiapan, termasuk perbaikan infrastruktur. Perkerasan runway, yang merupakan bagian penting dari landasan pacu, ditargetkan rampung sebelum 17 Agustus 2024. "Mulai awal Juli kita sudah perkerasan istilahnya, perkerasan run away. Langkah utama yang kita kerjakan adalah perkerasan area touch down," jelas Saugi.

 

Dengan persiapan yang matang, Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan optimis dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa, khususnya dalam menyambut tamu-tamu penting yang akan menghadiri Upacara HUT RI di IKN. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: