Sikapi Informasi Simpang Siur, Sultan Paser Pastikan Diundang Upacara Kemerdekaan RI di IKN

Sikapi Informasi Simpang Siur, Sultan Paser Pastikan Diundang Upacara Kemerdekaan RI di IKN

ultan Paser, Aji Muhammad Jarwani menunjukkan link registrasi peserta Upacara HUT RI ke-79 yang bakal dilaksanakan di IKN Nusantara.-(Disway Kaltim/ Awal)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Upacara HUT RI ke-79 bakal digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Namun beredar kabar simpang siur di masyarakat perihal daftar peserta upacara, khususnya dari wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Paser.

Beredar tangkapan layar daftar rencana peserta upacara HUT ke-79 Republik Indonesia 2024 di IKN, namun tidak ada nama sultan Paser, tokoh adat maupun tokoh masyarakat dari PPU dan Paser.

Menepis kabar angin tersebut, Sultan Paser, Aji Muhammad Jarwani angkat bicara. Dirinya memastikan telah diundang oleh Sekretariat Presiden untuk mengikuti upacara HUT RI ke-79 di IKN.

BACA JUGA: Kapolri Mutasi 10 Kapolres, Salah Satunya dari Kaltim

"Saya nyatakan sebagai Sultan Paser (kabar) itu tidak benar. Kita diundang dan saya sudah mengisi link sebagai peserta upacara 17 Agustus di IKN," tegas pria bergelar YM Sultan Alamsyah III tersebut, pada Minggu (28/7/2024).

Ia khawatir kabar bohong tersebut terus meluas hingga menimbulkan kegaduhan di masyarakat. 

Bahkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Adat Paser (LAP) PPU juga telah mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) memohon beberapa daftar nama tokoh untuk diundang upacara kemerdekaan di IKN Nusantara.

BACA JUGA: Lapangan Upacara di Istana IKN Rampung, Persiapan HUT RI Sudah 90 Persen

Daftar tokoh-tokoh dalam daftar nama yang dikirim DPD LAP PPU, menurutnya juga prioritas untuk diundang, karena sebagai tokoh yang berada di daerah asal IKN, yaitu di PPU. Dirinya berharap pemerintah memberi lampu hijau.

Momentum upacara di IKN menurutnya sangat disayangkan apabila tidak melibatkan tokoh-tokoh adat dari daerah asal IKN. 

"Karena IKN itu berada di wilayah Paser, ada Kesultanan Paser. Jadi seyogianya harus diutamakan mereka yang memang sebagai tuan rumah," terangnya.

BACA JUGA: Furniture Sudah Siap, Jokowi Berkantor di IKN Mulai Senin Besok

Dirinya juga menanggapi adanya orang yang mengklaim sebagai Sultan Paser. Ia menegaskan bahwa tidak ada Sultan Paser lain selain dirinya. Dan persoalan itu telah klir, sehingga dapat dipastikan hanya ada satu Sultan Paser yang nantinya hadir di upacara HUT RI di IKN.

"Hanya ada satu Sultan Paser dan tak ada yang mengotak-atikkan, jadi tidak ada lagi yang mengatasnamakan Sultan Paser selain Sultan YM Aji Muhammad Jarnawi bergelar YM Sultan Alamsyah III," pungkas Jarnawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: