Lapangan Upacara di Istana IKN Rampung, Persiapan HUT RI Sudah 90 Persen

Lapangan Upacara di Istana IKN Rampung, Persiapan HUT RI Sudah 90 Persen

Presiden Joko Widodo meninjau lapangan upacara di depan Istana Presiden di IKN, pada Kamis, 29 Februari 2024 lalu. -(Foto/BPMI Setpres)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) melaporkan bahwa persiapan infrastruktur untuk pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di IKN sudah mencapai 90 persen menjelang pelaksanaan kegiatan pada 17 Agustus 2024.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, menyatakan bahwa lapangan upacara di Istana Kepresidenan IKN yang memiliki luas 14.250 meter persegi telah sepenuhnya rampung. 

“Lapangan upacara itu kurang lebih sudah 90 persen rampung,” ujarnya, dikutip Antara, Sabtu (27/7/2024).

BACA JUGA: Pemkot Balikpapan Lakukan Evaluasi Pasca Penertiban Pasar Pandansari 

Pekerjaan yang tersisa, kata Danis, hanya berupa pengaspalan jalan masuk menuju lapangan serta penataan lanskap di sekitarnya.

Untuk akomodasi peserta upacara, fasilitas 12 tower Apartemen ASN akan dimanfaatkan. Selain itu, sebagian peserta juga akan ditempatkan di kompleks Perkantoran Kementerian Koordinator (Kemenko) yang berjarak sekitar 200 meter dari lapangan upacara. 

“Gedung Kemenko berlantai enam itu telah rampung sebagian, yakni lantai 1, 2, dan 3 untuk dimanfaatkan sebagai tempat penginapan peserta,” jelas Danis.

BACA JUGA: PPP Bergabung ke Rudy-Seno, Peluang Isran-Hadi Semakin Sempit

Sementara untuk tamu VIP dan VVIP, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersiapkan Hotel Nusantara dengan kapasitas 200 kamar. 

"Setahu saya mereka tidak menginap. Tapi seandainya menginap, salah satu misalnya Hotel Nusantara, punya kapasitas sekitar hampir 200 kamar. Itu siap seandainya diperlukan," tambahnya.

Infrastruktur penting lainnya yang dipersiapkan adalah jalan penghubung dari Kota Balikpapan menuju kawasan IKN via Tol IKN. 

BACA JUGA: Jelang Perayaan HUT RI di IKN, Tiga Maskapai Ajukan Extra Flight ke Balikpapan

Peserta upacara akan melintasi dua jalur koridor 3A Tempadung sejauh 13,4 kilometer, lalu koridor 3B sepanjang 7,3 kilometer yang kini telah sampai pada tahap perampungan operasional satu sisi jalur.

Pada koridor 5A sejauh 6,7 kilometer, peserta dapat melintas di satu jalur yang telah rampung dibangun untuk masuk Jalan Nasional menuju Jembatan Pulau Balang. Dari Pulau Balang, peserta akan melewati Bandara VVIP IKN sisi kiri menuju lapangan upacara IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: