Jelang Perayaan HUT RI di IKN, Tiga Maskapai Ajukan Extra Flight ke Balikpapan

Jelang Perayaan HUT RI di IKN, Tiga Maskapai Ajukan Extra Flight ke Balikpapan

ILUSTRASI - Sebuah pesawat milik maskapai nasional melakukan aktivitas bongkar muat penumpang melalui fasilitas Garbarata di Bandara SAMS Balikpapan.-(Nomorsatukaltim/ Hariadi)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), tiga maskapai besar telah mengajukan tambahan jadwal penerbangan atau extra flight ke Balikpapan. 

General Manager Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Shabab, menyatakan bahwa persiapan ini dilakukan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang yang diprediksi akan terjadi.

Dalam rapat koordinasi dengan maskapai, Garuda Indonesia mengajukan tambahan sebanyak tujuh penerbangan menggunakan pesawat berbadan besar, Boeing 747. Boeing 747, dikenal juga sebagai Jumbo Jet, adalah salah satu pesawat penumpang terbesar di dunia, mampu menampung hingga 400 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas dan hingga 600 penumpang dalam konfigurasi satu kelas.

BACA JUGA: Perayaan Harkopnas ke-77, Berbagai Produk Unggulan Koperasi dan UMKM Terpajang di Pentacity Mall

Selain Garuda Indonesia, Pelita Air mengajukan tambahan empat penerbangan. Sementara itu, maskapai dari Lion Group juga direncanakan menambah jadwal penerbangan, meskipun jumlah pastinya baru akan diketahui bulan depan. 

"Untuk Lion Group mungkin di bulan depan baru ketahuan ada berapa extra flight, tapi yang jelas semua dari Jakarta," tutur Syaugi.

 

Lonjakan Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan

Ahmad Syaugi Shabab mengungkapkan bahwa jumlah penumpang di Bandara SAMS Sepinggan mengalami peningkatan signifikan. Biasanya, bandara ini melayani sekitar 6-7 ribu penumpang per hari. Namun, akhir-akhir ini angka tersebut meningkat hingga mencapai 9 ribu penumpang per hari. 

"Jumlah penumpang di Bandara Sepinggan Balikpapan akhir-akhir ini mengalami kenaikan, biasanya hanya berkisar 6-7 ribu, dan belakangan hingga mencapai 9 ribu," sebutnya.

BACA JUGA: Penipuan Masuk Polri Jalur Khusus Sebut Keterlibatan Jenderal Bintang Dua

Syaugi memperkirakan bahwa hingga 16 Agustus mendatang, jumlah penumpang yang datang melalui Bandara Sepinggan bisa mencapai 30 ribu orang. 

Lonjakan ini didorong oleh sejumlah faktor, termasuk kedatangan tamu negara, delegasi, dan masyarakat umum yang ingin menyaksikan langsung upacara bersejarah tersebut.

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut lonjakan penumpang ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: