'Akademi FYP' Terwujud di Dunia Nyata, Kampus ini Buka Jurusan Influencer

'Akademi FYP' Terwujud di Dunia Nyata, Kampus ini Buka Jurusan Influencer

Karir sebagai inflencer kini telah diakui secara akademik.-(Ilustrasi/Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Ide tentang 'Akademi FYP' yang awalnya hanya sebuah lelucon dari komika Makassar, Arif Brata, melalui video parodi di TikTok, kini benar-benar menjadi kenyataan. 

University of Texas di San Antonio telah meluncurkan sebuah program studi inovatif yang dirancang untuk para calon influencer, menawarkan gelar sarjana di bidang influencer media digital. 

Program ini menjadi bukti nyata bahwa profesi sebagai kreator konten kini semakin diakui sebagai karier yang serius dan memiliki potensi besar di era ekonomi digital.

Program ini ditujukan untuk para mahasiswa yang bercita-cita menjadi kreator konten profesional di platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. 

BACA JUGA: Tidak Semua Penyakit Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Apa Saja Itu?

BACA JUGA: Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW: Awal Mula Diadakan dan Masuknya ke Indonesia

Di dalamnya, mereka akan dibekali berbagai keterampilan teknis, mulai dari penyuntingan foto, pengembangan situs web, hingga analisis data dan psikologi audiens. 

Pendekatan ini membantu mahasiswa memahami tidak hanya sisi teknis dalam pembuatan konten, tetapi juga bagaimana memanfaatkan data untuk membangun hubungan yang kuat dengan pengikut mereka.

Associate professor komunikasi, Chad Mahood, yang mengembangkan program ini, mengatakan bahwa tujuan utamanya adalah memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana konten digital dapat menghubungkan kreator dengan audiens secara efektif. 

“Kami ingin membawa konsep pengaruh media ke tingkat yang lebih relevan, dengan fokus pada bagaimana konten dapat berdampak dan membangun audiens secara berkelanjutan,” ujar Mahood.

BACA JUGA: Dua Peristiwa Kebakaran Terjadi di Samarinda di Waktu Bersamaan, Damkar Kewalahan 

BACA JUGA: Usai Adu Mulut, Seorang Pemuda Tega Tikam Adik Kandung Saat Tertidur

Fokus pada Keterampilan Praktis

Program sarjana ini tidak hanya memberikan pembelajaran di kelas, tetapi juga menawarkan pengalaman praktis kepada para mahasiswa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: