Pemprov Kaltim Pertimbangkan Rekayasa Lalin ke IKN

Pemprov Kaltim Pertimbangkan Rekayasa Lalin ke IKN

--



PPU, NOMORSATUKALTIM - Pemrintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mempertimbangkan melakukan rekayasa arus lalu lintas menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). Langkah ini merupakan upaya menguraikan konsentrasi lalu lintas menuju IKN pada saat pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia (RI) tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik telah menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim untuk menyiapkan jalur alternatif menuju IKN. 

"Tanggal 17 Agustus nanti, crowded-nya pasti luar biasa itu. Ini ujian kita. Saya minta Dishub tolong koordinasikan. Mungkin ada jalan alternatif yang dipotong langsung ke IKN. Balikpapan dan PPU siapkan juga alternatif jalur laut, jangan mengandalkan darat saja," pinta Akmal Malik pada Dishub Kaltim dan Dishub kabupaten/kota. 

Instruksi itu ia sampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Dinas Perhubungan se-Kaltim di Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (14/5/2024). 

Menurutnya, jalur laut menuju IKN dimungkinkan dari wilayah Penajam dan Balikpapan. Jarak tempuhnya pun, dinilai tidak terlalu lama. 

"Saya sudah coba kemarin bersama Wali Kota Balikpapan, hanya sekitar 35 menit dari Pelabuhan Semayang," tandas Akmal.  

Dua bandara di Kaltim, yakni Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda, dipastikan akan melayani rute penerbangan para tamu luar daerah yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN. 

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini juga meminta Dishub Kaltim memembantu mengkoordinasi transportasi darat para tamu luar daerah dari dua bandara tersebut. 

"Panitianya memang dari Mensesneg, tapi pasti juga butuh dukungan transportasi dari kita," pungkas Akmal. (krv/Adv/Kominfo Kaltim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: