Ini Dia Pesawat Amfibi Buatan PT DI, Ditarget Bisa Dijual Komersil di 2027

Ini Dia Pesawat Amfibi Buatan PT DI, Ditarget Bisa Dijual Komersil di 2027

Pesawat N219 versi amfibi yang kini tengah dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia (DI).-(Foto/Dok.PT DI)-

BACA JUGA: Haram Bawa Air Zamzam di Dalam Koper! Jemaah Haji Indonesia Digeledah Petugas Maskapai

Pesawat ini dirancang untuk mencapai kecepatan hingga 296 km/jam pada ketinggian operasional 10.000 kaki, dengan kemampuan jarak tempuh hingga 231 km. 

Untuk take off, pesawat memerlukan jarak 1.400 m di perairan dan landing pada jarak 760 m.

“Berdasarkan spesifikasi tersebut, pesawat N219 Amfibi sangat cocok melayani wilayah kepulauan yang hanya membutuhkan pelabuhan berbasis air. Pesawat ini juga mendukung operasi militer di wilayah terpencil dan perbatasan yang strategis untuk menjaga kedaulatan negara,” tambahnya.

BACA JUGA: Jatam Kaltim: Ada Kendala Sistemik dalam Penegakan Hukum Tambang Ilegal

Adi menegaskan bahwa pesawat N219 Amfibi bisa dimanfaatkan di berbagai sektor, termasuk pariwisata, layanan perjalanan dinas pemerintahan, perusahaan migas, layanan kesehatan masyarakat, SAR, penanggulangan bencana, dan pengawasan wilayah maritim.

Pengembangan pesawat N219 Amfibi ini merupakan bagian dari visi jangka panjang Pemerintah Indonesia untuk memperkuat pertahanan dan ekonomi. 

“Dengan meningkatkan kemampuan transportasi dan logistik melalui pesawat ini, Indonesia dapat memperkuat posisinya sebagai poros maritim dunia dan memastikan kedaulatan serta keamanan wilayahnya secara berkelanjutan,” jelas Adi.

BACA JUGA: Aborsi dalam Perspektif Kantian Deontologi

Dengan segala potensi dan dukungan yang ada, pesawat N219 Amfibi diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan konektivitas dan perekonomian Indonesia, khususnya di wilayah terpencil dan perairan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: