Pemkab Mahulu Berencana Bangun TPU Khusus Tokoh Berjasa

Pemkab Mahulu Berencana Bangun TPU Khusus Tokoh Berjasa

Ilustrasi TPU -istimewa-

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) berencana membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU).

TPU tersebut nantinya dikhususkan bagi tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam memperjuangkan pemekaran atau pendiri kabupaten termuda di Kaltim itu.

Rencana pembangunan TPU khusus itu disampaikan Asisten 1 Setkab Mahulu, Agustinus Teguh Santoso, Jumat (28/6/2024).

"Sudah ada tempatnya, tinggal dikomunikasikan ke Kabag pemerintahan saja. Rencana akan dibangun di wilayah Kampung Lome (Long Melaham) dan Mambes (Mamahak Besar)," ungkapnya.

BACA JUGA : Puluhan Pemuda di Mahulu Ikuti Sosialisasi Perda Tentang Kepemudaan dan IPP

Meski telah ada opsi tempat, pihaknya belum bisa memastikan kapan TPU khusus itu dibangun.

Sebab masih ada tahapan yang perlu dilewati, termasuk akan dilakukan pertemuan lanjutan dengan petinggi di dua kampung tersebut.

Menurut Agustinus, rencana pembangunan TPU khusus itu sebagai bentuk penghargaan bagi para tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam mendirikan Kabupaten Mahulu yang saat ini telah berusia sembilan tahun.

Kemudian, pertimbangan lainnya juga karena mengingat sudah banyak para tokoh-tokoh yang telah masuk usia senja, bahkan sebagian dari mereka juga sudah ada meninggal dunia.

BACA JUGA : Dukung Kompetensi ASN, Pemkab Mahulu Jalin Kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara

Kata Agustinus, rencana pembangunan TPU di antara dua kampung itu karena letaknya sangat strategis, dan aksesnya cukup bagus, serta tidak jauh dari pusat kota.

"Tentu banyak pendiri-pendiri kita dalam memperjuangkan daerah ini, orang-orang pertama yang mengabdikan diri ini sudah pensiun. Jadi sebenarnya rencana pembangunan TPU itu sebagai bentuk penghargaan bagi mereka," ujarnya.

Meskipun dikhususkan bagi para tokoh-tokoh, lanjut dia, TPU tersebut juga akan diberi kesempatan bagi masyarakat umum.

BACA JUGA : Cegah Pelanggaran, Bawaslu Mahulu Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: