Wacana Penggunaan Starlink di Mahulu, Begini Tanggapan Kepala Diskominfo

Wacana Penggunaan Starlink di Mahulu, Begini Tanggapan Kepala Diskominfo

Ilustrasi Starlink-(Foto/Istimewa)-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Layanan internet milik Elon Musk atau Starlink belakangan ini kian menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Meskipun Pemerintah Indonesia masih tarik ulur terkait penggunaan layanan internet berbasis satelit tersebut. Namun masyarakat Tanah Air, khususnya di daerah 3T menyambut positif tawaran internet berdaya jangkau luas tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Markus Wan turut memberikan tanggapannya terkait layanan internet milik grup SpaceX itu.

BACA JUGA: Cara Berlangganan Internet Starlink, Langsung Nyambung ke Satelit, Cocok untuk Pedalaman

Menurut Markus, informasi yang beredar di masyarakat menyebut bahwa layanan Starlink itu memang bagus. Namun, menurutnya, klaim ini perlu dibuktikan secara langsung.

"Untuk saat ini memang banyak orang bilang bahwa Starlink itu sangat baik. Cuma saya pribadi sebagai kepala Diskominfo Mahulu belum tahu, apakah itu baik atau tidak. Karena di kantor kami ini juga belum menggunakan Starlink itu," kata Markus Wan kepada Disway Kaltim, Rabu (26/6/2024).

Ia melanjutkan, jika memang layanan tersebut bagus,  tentunya sangat cocok diterapkan di wilayah Mahulu yang selama ini sering mengalami kendala jaringan telekomunikasi.

BACA JUGA: Starlink Dinilai Berbahaya bagi Indonesia, Semua Rahasia Dapat Diakses Negara Lain

Meskipun pada beberapa titik di Mahulu telah didirikan tower BTS. Namun layanan jaringannya belum maksimal, bahkan tidak ada sama sekali. 

Sehingga, kata Markus, Pemkab Mahulu melalui Diskominfostandi ke depannya akan mempertimbangkan pemakaian Starlink untuk pelayanan pemerintahan.

Pertimbangan lainnya juga karena aksesibilitas di Mahulu yang masih sulit, dan sebagian besar masih mengandalkan jalur sungai sebagai akses transportasi, seperti kapal, speedboat dan perahu ces.

Internet Starlink yang langsung terkoneksi ke satelit, tentunya dianggap sebagai solusi atas persoalan tersebut. Meskipun penggunaan Starlink masih dalam kajian lebih lanjut pemerintah pusat.

BACA JUGA: Meresahkan, Situs Judi Online Ganggu Layanan Website Diskominfostandi Mahulu

"Saya kira kalau pakai Starlink itu di Mahulu bagus juga, bisa taruh di speedboat juga kalau kemana-mana. Karena selama ini kita hanya menggunakan yang punya Indonesia seperti Telkomsel, Indosat dan lainnya. Starlink ini infonya bagus, Satelit yang paling dekat dengan bumi, dan juga kecepatannya bagus, dia juga bisa diatur penggunaannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: