Presiden Jokowi Dijadwalkan Mulai Berkantor di IKN pada Akhir Juni

Presiden Jokowi Dijadwalkan Mulai Berkantor di IKN pada Akhir Juni

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Andreas Bjelland Eriksen beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu, 2 Juni 2024.-(Foto/BPMI Setpres)-

Kementerian PUPR sedang menyiapkan air baku dari intake Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dipasang dan sudah disiapkan jaringan pipanya dengan dimasukkan ke multiutility tunnel (MUT). 

Selain itu, PLN sudah menyiapkan pasokan listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sekitar 50 megawatt. Telkom juga sedang mempersiapkan sarana telekomunikasi dengan memasukkan internet ke boks MUT, yang nantinya akan terhubung ke setiap kavling-kavling bangunan.

 

Investor dan Pengunduran Diri Kepala OIKN

Basuki Hadimuljono juga menyinggung tentang kepercayaan investor setelah pengunduran diri Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dan wakilnya, Dhony Rahajoe. 

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengumumkan pengunduran diri tersebut, dan Basuki serta Wakil Menteri ATR, Raja Juli Antoni, diangkat sebagai Plt. Kepala Otorita IKN dan Plt. Wakil Kepala Otorita IKN.

BACA JUGA: Aliansi Serikat Pers Balikpapan Unjuk Rasa Menolak RUU Penyiaran

"Tapi saya kira enggak ada masalah. Mudah-mudahan justru mempertinggi kepercayaan karena yang menggantikan menteri dan wakil menteri," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Basuki menjelaskan bahwa tugas pelaksana tugas (Plt.) Kepala Otorita IKN tidak ada bedanya dengan tugas yang selama ini diemban oleh Bambang Susantono. Ia menilai bahwa penunjukan dirinya sebagai Plt. Kepala Otorita IKN tidak mengurangi kepercayaan investor terhadap keberlanjutan pembangunan IKN. 

Tugas Basuki dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni adalah menyelesaikan persoalan status tanah hingga pembentukan pemerintah daerah khusus IKN. Kejelasan dari status tanah tersebut akan mempercepat masuknya investasi di IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: