Jelang Pilkada Balikpapan 2024, Penandatanganan Pakta Integritas oleh Sekretariat PPK Dilaksanakan

Jelang Pilkada Balikpapan 2024, Penandatanganan Pakta Integritas oleh Sekretariat PPK Dilaksanakan

Penandatanganan Pakta Integritas Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh KPU Balikpapan, pada Rabu (22/5/2024) di Grand Tjokro Hotel Balikpapan. (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan melaksanakan penandatangan Pakta Integritas Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2024. 

Acara ini berlangsung di Ballroom Hotel Grand Tjokro Balikpapan, pada Rabu (22/5/2024).

Turut hadir dalam acara penandatanganan ini yakni Wali Kota Balikpapan yang diwakili oleh Asisten I Tata Pemerintahan Kota Balikpapan, Zulkifli, serta perwakilan dari Bawaslu dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

BACA JUGA : Dishub Balikpapan dan Tim Gabungan Gelar Razia, 11 Kendaraan Ditindak

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Zulkifli menyatakan bahwa, penandatanganan pakta integritas harus dipahami sebagai lebih dari sekadar seremoni. 

Rahmad Masud juga menegaskan bahwa komitmen PPK untuk melaksanakan tugas dan fungsi mereka dengan penuh tanggung jawab adalah hal yang utama.

"Pakta integritas ini membawa konsekuensi yang besar. Oleh karena itu, para panitia harus serius dan berupaya maksimal dalam menjalankan amanah sesuai dengan pakta yang telah ditandatangani," ujar Rahmad melalui sambutan tertulisnya.

Ia juga menekankan pentingnya semua pihak yang terlibat dalam Pilkada 2024 di Balikpapan untuk memegang teguh amanah yang diberikan. 

BACA JUGA : Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Gerindra, Mahyudin Harap Parpol di Kaltim Mengusungnya

"Keberhasilan penyelenggaraan Pilkada bukan hanya tanggung jawab panitia, tetapi juga seluruh elemen masyarakat dan pemerintah," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan atas dukungan yang diberikan sehingga tahapan Pilkada dapat berjalan dengan lancar. 

Yudho menjelaskan bahwa setelah penandatanganan ini, Sekretariat PPK akan memiliki dua tugas utama, yaitu mendukung dan memfasilitasi semua kegiatan PPK, yang bertindak sebagai perpanjangan tangan KPU di tingkat kecamatan.

"Setiap sekretariat kecamatan terdiri dari tiga orang yaitu Sekretaris, Bendahara, dan Anggota," jelas Yudho.

BACA JUGA : Persiapan Pilkada, KPU Paser Mulai Tes Wawancara Calon Anggota PPS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: