Dishub Balikpapan dan Tim Gabungan Gelar Razia, 11 Kendaraan Ditindak

Dishub Balikpapan dan Tim Gabungan Gelar Razia, 11 Kendaraan Ditindak

Razia kendaraan yang dilakukan Dishub Balikpapan, pada Rabu (11/5/2024). (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan bekerja sama dengan tim gabungan mengadakan razia di Terminal Balikpapan Permai, pada Rabu (22/5/2024).

Tujuan dari operasi ini yakni untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban lalu lintas di wilayah Balikpapan.

Hal tersebut disampaikan oleh penyidik PNS dari Dishub Balikpapa, Fajar Ferdian Kuswicaksono.

BACA JUGA : Peneliti Temukan Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Turbulensi Singapore Airlines

Dia juga mengungkapkan, bahwa operasi yang dilaksanakan ini tidak mengganggu aktivitas terminal.

Pasalnya, lanjut Fajar, Dishub Balikpapan menerapkan sistem pengaturan satu arah untuk menjaga kelancaran arus kendaraan.

“Razia ini dilaksanakan berdasarkan hasil pemantauan, yang mengungkap banyaknya kendaraan angkutan yang tidak memenuhi standar kelayakan jalan,” ujar Fajar.

Razia ini juga bertujuan untuk memastikan kendaraan angkutan memenuhi standar keselamatan dan kelengkapan administrasi demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.

BACA JUGA : Persiapan Pilkada, KPU Paser Mulai Tes Wawancara Calon Anggota PPS

Adapun tim gabungan yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk Satlantas Polresta Balikpapan, Satpol PP, POM AD, POM AL, dan POM AU. 

“Target operasi mencakup beragam jenis angkutan seperti pickup, truk, angkot, dan taksi. Dari 119 kendaraan yang diperiksa, 11 di antaranya ditilang karena tidak memiliki dokumen kendaraan yang sah atau masa uji KIR yang telah kadaluwarsa,” jelas Fajar.

Ia pun berharap, tindakan ini akan memberikan efek jera dan mendorong pemilik kendaraan untuk lebih bertanggung jawab dalam memelihara administrasi kendaraannya. 

"Dengan langkah ini, diharapkan keselamatan dan ketertiban di jalan raya Balikpapan semakin terjamin, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan," pungkas Fajar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: