Persiapan Pilkada, KPU Paser Mulai Tes Wawancara Calon Anggota PPS

Persiapan Pilkada, KPU Paser Mulai Tes Wawancara Calon Anggota PPS

Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Paser, Hafida-(Disway Kaltim/ Awal)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, mulai melakukan tes wawancara seleksi anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk 139 desa dan 5 kelurahan.

Seleksi anggota PPS ini dipersiapkan guna menghadapi pemiihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang meliputi pemilihan gubernur dan wakil, serta Bupati dan Wakil Bupati Paser. 

Pelaksanaan tes wawancara ini dilaksanakan selama 3 hari, diikuti oleh 643 calon anggota PPS se-Kabupaten Paser. "Pelaksanaan dimulai 21 hingga 23 Mei," kata Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Paser, Hafida, Rabu (22/5/2024) pagi.

BACA JUGA: Head to head Pilkada Paser: Dulu Sanding Kini Tanding 

Adapun tes wawancara calon anggota PPS didelegasikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Paser. Sementara KPU mengawasi dan memastikan berjalan lancar.

"Secara keseluruhan nantinya ada 144 anggota PPS yang akan bertugas untuk Pilkada," sambung dia.

Hafida menambahkan, jumlah kebutuhan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Paser sebanyak 432 orang. Dengan rincian 3 orang dikali 144 desa/kelurahan di Bumi Daya Taka.

BACA JUGA: Empat Figur Berebut Rekomendasi PDI Perjuangan untuk Berlaga pada Pilkada Paser

"Jadi satu desa kebutuhan tiga orang, agar kita mempunyai cadangan PAW (Penggantian Antar Waktu)," jelasnya.

Usai dilaksanakan tes wawancara bagi calon anggota PPS dan yang dinyatakan lolos, dijadwalkan penetapannya pada Sabtu (25/5/2024). Kemudian selang sehari setelahnya akan dilakukan pelantikan.

"26 Mei dijadwalkan pelantikan. Proses pelantikan dilakukan di masing-masing kecamatan. Namun yang melantik KPU secara zoom atau daring," tutup Hafida.

BACA JUGA: Makan Malam Politik, Sinyalemen Jarnawi - Ridha Berpasangan Pilkada Paser 2024

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi memperkenalkan Tiora, maskot Pilkada Paser 2024. Tiora dikenalkan kepada publik saat peluncuran tahapan Pilkada  di eks arena MTQ, Kecamatan Tanah Grogot.

Maskot Pilkada Paser yaitu burung Tiong sehingga diberi nama Tiora yang merupakan akromim dari Tiong Rakyat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: