Belajar dari Insiden 'Bus Maut' di Subang, KNKT Sentil Sekolah dan Pelaku Wisata

Belajar dari Insiden 'Bus Maut' di Subang, KNKT Sentil Sekolah dan Pelaku Wisata

Foto dokumentasi penumpang bus Pariwisata Putera Fajar sebelum kecelakaan di Subang, Jawa Barat.-(Istimewa)-

 

Kir Mati, Rem Blong

Kecelakaan bus rombongan SMK Lingga Kencana, Depok terjadi pada Sabtu, 11 Mei 2024, sekitar pukul 18.45 WIB. Peristiwa itu terjadi di Ciater, Subang, Jawa Barat. Bus nahas ini ditumpangi siswa dan guru SMK Lingga Kencana dalam perjalanan kembali ke Depok pasca acara perpisahan. 

Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub mengatakan status uji kelayakan (kir) bus itu telah kedaluwarsa sejak akhir 2023. Bus yang mengalami kecelakaan itu juga tidak memiliki izin angkutan.

BACA JUGA: Knalpot Brong Masih Berkeliaran di Balikpapan, Sebanyak 10 Motor Diamankan Petugas

"Bus tersebut tercatat tidak memiliki izin angkutan dan status lulus uji berkala telah kedaluwarsa sejak 6 Desember 2023," ucap Kabag Hukum dan Humas, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Aznal, Sabtu (11/5/2024).

Ditjen Hubdat Kemenhub mengatakan kecelakaan itu diduga akibat bus mengalami rem blong.

"Bus tiba-tiba oleng ke arah kanan dan menabrak sepeda motor yang berada di jalur berlawanan dan bahu jalan sehingga bus terguling. Kecelakaan tersebut diduga karena adanya rem blong pada bus," tegasnya.

Polisi juga mengatakan bus diduga mengalami rem blong. Korlantas Polri menyebut tidak ada jejak rem di TKP kecelakaan Bus PO Putera Fajar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: