Peringati Hari Kartini, Bupati Berau Ajak Refleksi Momentum Perjuangan Emansipasi Wanita

Peringati Hari Kartini, Bupati Berau Ajak Refleksi Momentum Perjuangan Emansipasi Wanita

Peringati Hari Kartini Dengan Refleksi Momentum Perjuangan RA Kartini-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Peringatan Hari Kartini menjadi momentum untuk menghormati perjuangan RA Kartini yang tanpa lelah berusaha mewujudkan emansipasi perempuan. 

Karena itu, upaya membumikan kesetaraan perempuan dan laki-laki perlu terus dilanjutkan.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas pada acara puncak peringatan hari Kartini Ke-146 tahun 2024 di kabupaten Berau mengatakan, peringatan hari Kartini ini merupakan momentum refleksi perjuangan Ibu Kartini, yang diharapkan dapat di teruskan di masa kini.

"Saya mengajak kita semua untuk terus berkiprah sesuai kapabilitas kita masing-masing. Saya yakin, perempuan Kabupaten Berau adalah perempuan yang hebat. Perempuan maju, tanpa meninggalkan fitrahnya sebagai ibu," tuturnya, Selasa (30/4/2024).

BACA JUGA : Jangan Hanya Derawan dan Maratua! Sekda Berau: Wisatawan Harus Kita Tarik ke Tanjung Redeb

Dikatakannya, kehadiran kaum perempuan dalam pembangunan daerah telah terbukti memberikan sumbangsih yang berarti dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Berbagai organisasi wanita yang ada, semuanya terhubung pada satu benang merah yang sama, yaitu pemberdayaan perempuan. Sebab, manakala perempuan telah berdaya, ia akan mampu memberdayakan keluarganya.

Perempuan sebagai salah satu kunci ketahanan keluarga, diharapkan mampu menempatkan dirinya sebagai pionir dalam menciptakan generasi yang berkualitas, yang nantinya diharapkan terwujud masyarakat cerdas berakhlak.

"Perjuangan Raden Ajeng Kartini untuk memajukan perempuan Indonesia, sedikit demi sedikit telah dapat diwujudkan. Sudah banyak tokoh perempuan Indonesia, khususnya di Kabupaten Berau yang berprestasi, dipercaya duduk di kursi pemerintahan, memegang berbagai peranan penting, serta telah membuktikan kapasitas dirinya sebagai figur yang kuat," ujarnya.

Menurutnya, kaum perempuan di Kabupaten Berau juga telah menunjukkan peran dan tanggung jawabnya untuk turut andil dalam pengambilan keputusan publik, di samping peran reproduksi, produksi, maupun sosial. 

"Tokoh-tokoh perempuan telah banyak mewarnai perjalanan pembangunan Kabupaten Berau. Tentunya ini menjadi pertanda baik, bahwa Kabupaten Berau memiliki komitmen kuat dalam pengarusutamaan gender, yang juga berbanding lurus dengan program-program perlindungan perempuan," tuturnya.

BACA JUGA : Harga Coklat Melambung, Sri Juniarsih Optimis Kakao Bakal Jadi Komoditas Andalan Berau

Bupati berharap, kaum perempuan Kabupaten Berau akan selalu bersemangat dalam memperjuangkan sesama, maju dan berkembang, saling dukung, pantang menyerah pada keadaan, sebagaimana semangat Habis Gelap Terbitlah Terang.

"Teruslah menjadi inspirasi bagi kaum perempuan. Teruslah berkarya untuk kemajuan keluarga dan Bumi Batiwakkal tercinta," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: