Kanopi Gedung Parkir Klandasan Balikpapan Runtuh Akibat Hujan Deras

Kanopi Gedung Parkir Klandasan Balikpapan Runtuh Akibat Hujan Deras

Kondisi kanopi gedung parkir Klandasan Balikpapan yang runtuh akibat hujan deras, pada Jumat (29/3/2024). (Chandra/ Disway).--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan sejak dini hari pada Jumat (29/3/2024), akibatkan kanopi gedung parkir Klandasan runtuh.

Menurut Darmanto, pihak Trantib Klandasan Ulu, informasi awal tentang insiden ini diterima dari pihak gedung sekira pukul 06.55 Wita.

"Debit air yang berlimpah dari dak gedung mengakibatkan kanopi tidak kuat menahan beban dan akhirnya airnya jatuh ke atap," ujar Darmanto.

BACA JUGA : Hujan Deras Akibatkan Longsor di Beberapa Titik di Balikpapan

Ia menjelaskan bahwa kanopi yang memiliki panjang sekitar 10 meter dan lebar 4 meter itu, ternyata memiliki masalah pada sistem pembuangan airnya.

"Sebelum kanopi dibangun, pipa pembuangan air mengarah ke tanah. Namun, saat kanopi tersebut dibangun, pipa tersebut tidak disambung lagi sehingga air jatuh ke atap kanopi," tambahnya.

BACA JUGA : Tak Habis Fikir, Pelaku Penjambretan Kabur Menggunakan Mobil Patroli Polisi di Kuningan Jaksel

Disamping itu, struktur kanopi yang terbuat dari baja ringan, tidak mampu menahan beban air yang berlebihan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

"Kami masih berkoordinasi untuk tindak lanjut karena kewenangan ada di Dishub," tutup Darmanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: