Ingin Mudik Pakai Sepeda Motor? Wajib Ikuti Tips Berikut Kalau Mau Panjang Umur

Ingin Mudik Pakai Sepeda Motor? Wajib Ikuti Tips Berikut Kalau Mau Panjang Umur

Pemudik dengan sepeda motor lebih rentan terjadi kecelakaan di jalan.-freepik-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Mudik ke kampung halaman bertemu sanak keluarga saat lebaran menjadi tradisi yang tidak boleh dilupakan. Namun beberapa hal perlu diperhatikan, terutama jika bepergian menggunakan kendaraan roda dua. 

Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan bagi pemudik yang menggunakan roda dua, menurut Ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Samarinda Agus Sakhlan.

1. Pakaian

Pilihlah pakaian dan perlengkapan yang lengkap dan aman seperti jaket, sarung tangan, hingga helem. Pakailah helem yang full face atau menutupi seluruh dan sesuai standar SNI. Jangan lupa pula pakai masker atau buff untuk melindungi wajah dari terpaan sinar matahari dan debu di perjalanan.

2. Jaga jarak

“Jangan pernah sejajar dengan kendaraan yang di depan,” ucap Agus. Atur jarak aman dengan kendaraan di depan. Jangan terlalu dekat agar tidak bersinggungan manakala kendaraan di depan lakukan rem mendadak.

3. Perhatikan tikungan

Jangan pernah pula menyalip ketika kendaraan sedang berada di tikungan. Selain berbahaya, kondisi ini juga berpotensi besar akibatkan kecelakaan di jalan. 

BACA JUGA:Hai Warga Kaltim, Program Mudik Gratis Kemenhub Sudah Dibuka, Segera Daftar di Aplikasi MitraDarat

4. Ganti oli

Yang terpenting pula adalah cek kendaraan sebelum berpergian. Gantilah oli kendaraan agar tarikan kendaraan tetap nyaman dan tidak sebabkan mesin menjadi aus. Mesin yang aus tidak hanya membuat tarikan menjadi lambat tapi bisa membuat mesin menjadi panas atau overheat.

5. Cek busi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: