Tarawih Hari Pertama di Masjid Berusia 82 Tahun, Ada Campur Tangan Orang Jepang di Awal Berdiri

Tarawih Hari Pertama di Masjid Berusia 82 Tahun, Ada Campur Tangan Orang Jepang di Awal Berdiri

Jemaah melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Agung Nurul Falah, Kabupaten Paser, Senin (11/3/2024) malam. -(Disway Kaltim/ Awal)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Umat muslim memadati Masjid Agung Nurul Falah, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim), pada hari pertama pelaksanaan Salat Tarawih 1445 Hijriah, Senin (11/3/2024) malam.

Pantauan awak Nomorsatukaltim, sejak pukul 19.00 Wita, jamaah laki-laki dan perempuan terus berdatangan hingga jelang salat Isya sekira pukul 19.20 Wita. Ada yang datang bersama keluarga, pasangan, teman, hingga seorang diri.

Di sisi lain, anak-anak terlihat begitu antusias melaksanakan salat Isya dan Tarawih. Pun sebagian bocah lainnya ada yang tertidur, bermain dengan sajadahnya seperti tengah menulis atau menggambar. 

Adapula anak-anak yang menarik-menarik mukena orangtuanya di tengah khusyuk melaksanakan salat. 

BACA JUGA: Tips Kreatif Mengenalkan Puasa kepada Anak Usia Dini

Umat muslim rela berdesak-desakan shalat tarawih di masjid berusia 82 tahun ini karena beragam alasan.

"Masjid ini dulu saya tahunya dari televisi, saat itu masih warna ungu belum hijau seperti sekarang ini," ucap salah seorang jemaah, Syaifullah Ibrahim, usai melaksanakan salat tarawih.

Syaifullah warga asal Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan itu mengatakan telah tiga tahun bertugas di Kabupaten Paser, dan setiap Ramadan selalu melaksanakan salat tarawih di Masjid Agung Nurul Falah.

"Kebetulan saya penempatan kerja di Kabupaten Paser, jadi sebelum mudik ke Sulawesi untuk salah tarawihnya di Masjid Agung Nurul Falah," ungkap Syaifullah.

BACA JUGA: BPBD Balikpapan Ingatkan Warga Untuk Waspada Terhadap Resiko Kebakaran Selama Ramadan

Senada, salah seorang jemaah lainnya, Faradina Septiani Ulfah warga asal Kota Balikpapan. 

Dia mengaku baru pertama kalinya melaksanakan tarawih di masjid berada di Jalan KH Ahmad Dahlan - Jalan R Suprapto, Kecamatan Tanah Grogot.

"Rencana besok (Selasa) balik ke Balikpapan. Tarawih pertama di Masjid Agung. Ini masjid ikon Kabupaten Paser, setiap orang ke sini (Paser) pasti ke masjid ini juga," aku Faradina.

Masjid Agung Nurul Falah selain tempat salat dan kegiatan keagamaan lainnya. Rumah ibadah umat muslim itu juga menjadi salah satu spot tujuan wisata religi kala berada Kabupaten Paser.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: