Tips Kreatif Mengenalkan Puasa kepada Anak Usia Dini

Tips Kreatif Mengenalkan Puasa kepada Anak Usia Dini

Ilustrasi - Penting bagi orangtua mengenalkan puasa kepada anak sejak usia dini.-(Disway/ Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Anak-anak memang belum memiliki kewajiban berpuasa Ramadan. Namun, penting bagi orangtua untuk mengenalkan puasa sejak usia dini. Agar mereka kelak terbiasa menjalani puasa Ramadan tanpa kesulitan berarti. 

Sebagaimana diketahui oleh seluruh musim, berpuasa dapat membentuk sikap sabar, disiplin dan meningkatkan kualitas spiritual seseorang, yang kelak sangat bermanfaat bagi anak dalam menjalani kehidupan.

Dilansir dari laman Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU), Ervi Zidni Ma’ani berbagi tips kreatif mengenalkan puasa kepada anak.

Menurut Ervi, waktu yang ideal mengenalkan anak untuk berpuasa adalah pada usia 4-5 tahun. 

Dengan cara yang tepat, kata Ervi, anak-anak tidak merasa terlalu terbebani meski harus menahan lapar dan haus selama belajar berpuasa. Dengan treatment yang tepat, mereka akan mencintai bulan Ramadan, dan menjadikannya sebagai momen yang paling ditunggu.

Berikut tips mengenalkan ibadah puasa kepada anak usia dini:

BACA JUGA: Komnas Perempuan: Banyak Gen Z Ogah Menikah, Prioritaskan Karier

1. Libatkan Anak dalam Kegiatan Ramadhan 

Orangtua harus pandai menciptakan suasana yang menyenangkan selama Bulan Puasa hadir. Bulan suci Ramadhan harus menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu. 

Cara termudahnya, kata Ervi, adalah dengan mengajak si kecil terlibat dalam persiapan sahur dan berbuka puasa, sehingga mereka bisa merasakan pengalaman yang menyenangkan dalam menjalankan puasa. 

“Biasanya kan ada pawai menyambut Ramadhan libatkan mereka, kemudian ajak shalat tarawih, membangunkan mereka sahur, dan belajar berpuasa,” kata Ervi.  

BACA JUGA: Keren Euy! Juara Race 2, Ramadhipa Kumandangkan Lagu 'Indonesia Raya' di ATC 2024 Qatar

2. Kenalkan Puasa secara Bertahap 

Anak-anak belum memiliki kewajiban berpuasa, sehingga tak ada salahnya bagi orangtua untuk mengajarkan mereka berpuasa dalam bentuk yang tidak utuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: