BPBD Balikpapan Ingatkan Warga Untuk Waspada Terhadap Resiko Kebakaran Selama Ramadan

BPBD Balikpapan Ingatkan Warga Untuk Waspada Terhadap Resiko Kebakaran Selama Ramadan

Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali. (Foto: istimewa)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam penggunaan kompor dan alat-alat listrik selama bulan Ramadan.

Langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap peningkatan risiko kebakaran yang sering terjadi di bulan suci ini.

Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali menuturkan bahwa menurut catatan BPBD, insiden kebakaran cenderung meningkat selama Ramadan.

Hal tersebut sering kali dipicu oleh penggunaan kompor atau peralatan elektronik yang tidak hati-hati.

"Kami telah mencatat bahwa kebakaran paling banyak terjadi selama bulan Ramadan, dan ini biasanya disebabkan oleh kompor atau barang elektronik lainnya," ujar Usman Ali.

Usman Ali menambahkan bahwa wilayah yang paling diwaspadai adalah Balikpapan Barat, Balikpapan Timur, dan Balikpapan Kota.

Karena berdasarkan pengalaman Ramadan tahun lalu, wilayah-wilayah ini merupakan lokasi dengan jumlah kebakaran terbanyak.

BPBD Kota Balikpapan juga telah menyiagakan personelnya selama 24 jam dan membentuk tim di setiap kecamatan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan kebakaran terutama selama bulan Ramadan ini.

"Selama Ramadan, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kebencanaan dan segera melaporkan jika menemukan tanda-tanda akan terjadi sesuatu yang tak diinginkan," tegas Usman Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: