OIKN: Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 72,19 Persen

OIKN: Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 72,19 Persen

Gambar maket Kantor Presiden RI di IKN dengan latar belakang progres pembangunan gedung yang diambil pada September 2023 lalu. -(Dok. Kemenpu PR)-

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking sejumlah proyek yang ke sekian kalinya di kawasan ibu kota nusantara (IKN), pada Rabu, 17 Januari 2024.

Beberapa di antaranya adalah peluncuran Nusantara Green Logistics Hub PT Pos Indonesia, groundbreaking Masjid Negara di Kawasan Ibu Kota Nusantara, peresmian pembangunan kantor otorita IKN (OIKN) di titik nol, hingga peresmian studio RRI IKN.

BACA JUGA: Akademisi Unmul Soroti Kondisi Demokrasi saat ini, Berikut Lima Poin Pernyataan Sikap Mereka

"Saya harap gedung (OIKN) ini segera diselesaikan dan seluruh kegiatan Otoritas IKN semakin terorganisasi, terpusat dan optimal," katanya

Selain gedung, Jokowi juga meresmikan Nusantara Logistic Hub. Nusantara Logistic Hub merupakan kerja sama PT Pos Indonesia dan PT Bina Karya (BUMN) berupa kerja sama operasi (KSO), khusus pelayanan kurir dan logistik nusantara. 

Jokowi mengatakan kehadiran perusahaan jasa logistik ini akan mendukung keberadaan IKN sebagai superhub.

BACA JUGA: Jokowi Tegaskan Tidak Akan Berkampanye, Meski Tidak Ada Larangan dalam Undang-Undang

"Saya berharap Nusantara Logistic Hub and Services akan berkontribusi signifikan, memicu penguatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN, tapi seluruh kawasan Indonesia,” pintanya.

Nusantara Logistic Hub juga diharapkan dapat membuat biaya logistik semakin terjangkau, mempercepat dan mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia.

Nilai investasi yang disiapkan untuk Nusantara Logistic Hub ini mencapai Rp350 miliar. Anggaran ini akan fokus membangun infrastruktur green logistic hub dengan teknologi terbaru. Salah satunya delivery robbot and drone dan layanan electric vihicle.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: